PENGARUH EKUITAS MEREK TEHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA NOTEBOOK ACER (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda) (Adrian Ferdy Baghaskara)

October 30, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 30, 2017 @ 1:03 PM
IP: 114.125.186.112

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH EKUITAS MEREK TEHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA NOTEBOOK ACER (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Adrian Ferdy Baghaskara
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek (X1), persepsi kualitas (X2), asosiasi merek (X3), dan loyalitas merek (X4) secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian (Y). Serta untuk mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Nilai koefisien korelasi (R) menunjukkan bahwa tingkat hubungan sedang. Pada uji determinasi terdapat pengaruh sebesar 20,9% dari keempat variabel independen terhadap variabel dependen. Sedangkan, sebanyak 79,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek (X1), persepsi kualitas (X2), asosiasi merek (X3), dan loyalitas merek (X4) secara simultan, berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Secara parsial variabel kesadaran merek (X1) dan loyalitas merek (X4) berpengaruh positif signifikan, sedangkan variabel persepsi kualitas (X2) dan asosiasi merek (X3) memiliki pengaruh positif tidak signifikan. Sehingga variabel loyalitas merek (X4) yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Perusahaan Acer sebaiknya tetap terus melakukan inovasi dan respon yang cepat terhadap pasar, melakukan pemasaran dengan baik dengan memberikan bonus secara langsung kepada konsumen yang melakukan pembelian dan memberikan tambahan bonus apabila menyarankan notebook Acer ke orang lain, mengadakan event umum mengenai notebook Acer.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Rr. Marliana W, SE., MM, Dra. Lilis Juliati, M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email