Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Layanan terhadap Penggunaan Aplikasi Pesan Instan WhatsApp pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman (Ummi Sarah Adiba)

October 30, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Adiba, Ummi Sarah
On: Oct 30, 2017 @ 11:27 AM
IP: 36.82.196.21

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Layanan terhadap Penggunaan Aplikasi Pesan Instan WhatsApp pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ummi Sarah Adiba
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Sistem, Kualitas Layanan dan Penggunaan Aplikasi
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial variabel dari faktor kualitas sistem dan kualitas layanan terhadap penggunaan aplikasi pesan instan WhatsApp pada mahasiswa admnistrasi bisnis Universitas Mulawarman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, sampel yang digunakan sebanyak 57 responden dari jumlah populasi sebesar 130 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan uji F (simultan) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas sistem dan kualitas layanan terhadap penggunaan WhatsApp, dari hasil analisis uji t (parsial) menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas sistem berpengaruh signifikan terhadap penggunaan WhatsApp. Sedangkan variabel kualitas layanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan WhatsApp, dan dari hasil standardized coefficients beta terbesar adalah variabel kualitas sistem sehingga disimpulkan variabel yang paling berpengaruh adalah variabel kualitas sistem. Dalam rangka menarik dan mempertahankan pengguna aplikasi diharapkan pengembang dapat meningkatkan kualitas sistem pada aplikasi tanpa melupakan kualitas layanannya. Bagi pengembang baru, perlu dibentuk komunitas yang bersama-sama berusaha untuk menarik pengguna baru dengan mensosialisasikan pentingnya memiliki aplikasi tersebut.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. M. Zaini, M.Si, Muhammad Fikry, M.BA., BBA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]:

Loading

Print Friendly, PDF & Email