PERAN KOMUNIKASI GURU DALAM PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BAGI SISWA PENYANDANG AUTISME DI SEKOLAH LUAR BIASA RUHUI RAHAYU C SAMARINDA (Deny Arnold)
October 11, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Oct 11, 2017 @ 12:13 PM
IP: 36.75.94.98
- 1. Title [Judul]: PERAN KOMUNIKASI GURU DALAM PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BAGI SISWA PENYANDANG AUTISME DI SEKOLAH LUAR BIASA RUHUI RAHAYU C SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Deny Arnold
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Komepetensi Pedagogik, Guru, Siswa, Autisme
- 4. Description [Abstrak] : Deny Arnold, Peran Komunikasi Guru Dalam Penerapan Kompetensi Pedagogik Bagi Siswa Penyandang Autisme Di Sekolah Luar Biasa Ruhui Rahayu C Samarinda Bimbingan Bapak Drs. Endang Erawan, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Kadek Dristiana Dwivayani S.Sos, M.Med.Kom selaku Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu peran komunikasi guru serta kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru dalam mengajar siswa penyandang autisme yang diketahui memiliki keterbatasan dalam kemampuan menerima dan mengeluarkan respon. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan wawancara langsung serta data sekunder menggunakan artikel, sumber tertulis terutama sumber online yang relevan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan atau mendeskripsikan obyek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan (Sugiyono, 2006:212). Menggunakan analisis data dengan metode Miles dan Huberman yaitu analisis data yang diawali dengan proses pengumpulan, reduksi, dan penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Dari hasil penyajian data yang diperoleh dan penguraian pada pembahasan penelitian ini, diketahui bahwa Guru di Sekolah Luar Biasa Ruhui Rahayu C Samarinda memilih berkomunikasi secara verbal kepada siswanya karena siswa autisme memahami pesan yang disampaikan hanya saja mereka kesulitan untuk melakukan respon seperti apa yang harus diberikan, dalam mengatasi permasalahan ini guru terbantu dengan penggunaan komunikasi nonverbal karena komunikasi non verbal yang disampaikan melalui gerakan tubuh lebih mudah di mengerti oleh siswa penyandang autisme. Hal ini menunjukan guru di Sekolah Luar Biasa Ruhui Rahayu C Samarinda ini memiliki kemampuan dalam berkomunikasi mengajar siswa penyandang autisme dan dapat memilih bentuk komunikasi yang tepat ketika kalimat yang disampaikan tidak dapat dipahami oleh siswa.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si dan Kadek Dristiana Dwivayani S.Sos, M.Med.Kom
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 11 Oktober 2017
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3205
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel