Pengaruh Suku Bunga, Inflasi dan Nilai Tukar Terhadap Penyaluran Kredit Pada Perbankan di Kota Samarinda (Indri Manolita Igirisa)

September 21, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Igirisa, Indri Manolita
On: Sep 21, 2017 @ 5:36 PM
IP: 180.248.249.119

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Suku Bunga, Inflasi dan Nilai Tukar Terhadap Penyaluran Kredit Pada Perbankan di Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Indri Manolita Igirisa
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Suku Bunga, Inflasi, Nilai Tukar dan Penyaluran Kredit
  • 4. Description [Abstrak] : Penyaluran kredit merupakan kegiatan yang mendominasi usaha perbankan di Indonesia mengingat kredit merupakan aktiva produktif atau tingkat penerimaannya tinggi. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat penyaluran kredit perbankan baik internal maupun faktor makro. Variabel suku bunga, inflasi dan nilai tukar merupakan bagian dari faktor makro yang ketika ketiga variabel mengalami kenaikan atau penurunan akan mempengaruhi jumlah penyaluran kredit suatu perbankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara simultan dan parsial pengaruh suku bunga, inflasi dan nilai tukar terhadap penyaluran kredit serta mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh dominan terhadap penyaluran kredit pada perbankan di Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda yang dibantu dengan software SPSS versi 20. Teknik pengumpulan data dengan melakukan riset kepusatakaan, browsing internet dan penelitian lapangan dengan sumber data dari BI dan BPS kota Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan suku bunga, inflasi dan nilai tukar berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit pada perbankan di Kota Samarinda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan suku bunga berpengaruh negatif dan signifikan, inflasi tidak berpengaruh signifikan, dan nilai tukar berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran kredit pada perbankan di Kota Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan variabel suku bunga adalah variabel paling berpengaruh dominan terhadap penyaluran kredit pada perbankan di Kota Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Rr. Marliana W, SE., MM & Umar Hi. Salim, SE., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 21 September 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email