PERAN KOMUNIKASI GURU SECARA PEDAGOGIK DI ENGLISH FIRST SAMARINDA DALAM MEMBIMBING SISWA PROGRAM HIGHFLYERS BERBAHASA INGGRIS YANG BAIK (Shofian Danie)

August 31, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 31, 2017 @ 9:55 AM
IP: 36.85.153.179

  • 1. Title [Judul]: PERAN KOMUNIKASI GURU SECARA PEDAGOGIK DI ENGLISH FIRST SAMARINDA DALAM MEMBIMBING SISWA PROGRAM HIGHFLYERS BERBAHASA INGGRIS YANG BAIK
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Shofian Danie
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi, Pendidikan, Pedagogik, Siswa, Guru
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi guru mengacu pada kompetensi pedagogik di English First Samarinda dalam membimbing siswa program Highflyers berbahasa inggris yang baik. Peneliti menggunakan teori S-M-C-R. Teori ini relevan dengan komunikasi pendidikan karena teori ini mengembangkan wawasan proses pembelajaran pada kelas konvensional sebagai suatu komunikasi, pendidik/guru merupakan pengirim pesan materi/pembelajaran (sender). Pada proses pengiriman dibutuhkan suatu bentuk berupa saluran (potensi pendidik/guru, media, indera penerima/peserta didik), diteruskan dengan proses peneriman pesan/materi pembelajaran oleh peserta didik sebagai penerima pesan (receiver).
    Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis data interaktif milik Miles & Huberman. Konsep analisis data interaktif dalam metode ini ialah aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh melalui Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu; (1) Komunikasi Verbal (2) Komunikasi Non Verbal, (3) Isi Pesan, serta (4) Faktor Pendukung & Penghambat.
    Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukan analisis dengan variabel peran komunikasi guru secara pedagogik, dilihat dari beberapa indikator yakni komunikasi verbal, komunikasi non verbal, isi pesan, faktor psikologis, faktor fisik, faktor kultural, dan faktor lingkungan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Peran komunikasi guru secara pedagogik dilihat dari komunikasi verbal dengan siswa, guru di English First Samarinda sudah menggunakan tata bahasa yang benar, kosa kata yang dapat dipahami dan tepat pada perkembangan anak, melakukan penekanan pada kata-kata kunci dengan mengulang penjelasan, berbicara dengan tempo yang tepat, tidak menyampaikan hal-hal yang kabur atau bermakna ganda (ambigu), serta menggunakan perencanaan dan pemikiran logis sebagai dasar berbicara.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan., M. Si dan Inda Fitriyarini, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 31 agustus 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading