PELAKSANAAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI BIDANG NON PERIJINAN DI KANTOR KECAMATAN BONTANG UTARA KOTA BONTANG (Inggriani Purnamasari)

August 28, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 28, 2017 @ 2:43 PM
IP: 36.82.224.230

  • 1. Title [Judul]: PELAKSANAAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI BIDANG NON PERIJINAN DI KANTOR KECAMATAN BONTANG UTARA KOTA BONTANG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Inggriani Purnamasari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan, PATEN, Non Perijinan
  • 4. Description [Abstrak] : Dalam pelaksanaan PATEN bidang Non Perijinan di Kantor Kecamatan Bontang Utara yang terdiri dari(1) surat penyerahan tanah garapan (2) Pembuatan KTP pemula (3) surat pindah dalam dan keluar Kota Bontang (4) Perbaikan data KK (5) dan Dispensasi Nikah masih terdapat keluhan masyarakat mengenai pelayanannya. Untuk itu penulis melakukan penelitianterhadpa pelaksanaan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Bidang Non Perijinan di Kantor Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang dengan fokus penelitian meliputi prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dalam PATEN, kompetensi petugas pelayanan dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: memasuki penelitian (getting in), berada dilokasi penelitian (getting a long) dan mengumpulkan data (logging data) terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Key informan dalam penelitian ini adalah Camat Bontang Utara sedangkan informan penelitian Kasubag Pelayanan Umum dan para pegawai/staf serta beberapa masyarakat. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanan PATEN di Kantor Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang belum dapat memberikan kepuasan secara optimal kepada pemohon (masyarakat), hal ini dikarenakan ada beberapa faktor yaitu waktu penyelesaian yang tidak tepat waktu, tidak lengkapnya persyaratan pemohon dan seringnya terjadi pemadaman listrik sehingga menghambat pelaksanaan pelayanan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si dan Dr. Chatas Teguh Prakoso, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading