STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PESERTA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA (Agus Dwi Kurniawan)
August 28, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Aug 28, 2017 @ 9:52 AM
IP: 36.82.224.230
- 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PESERTA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Agus Dwi Kurniawan
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas, Pelayanan, Pelayanan publik, BPJS Kesehatan, Kecamatan Samarinda Utar
- 4. Description [Abstrak] : Agus Dwi Kurniawan, Studi Tentang Pelayanan Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda, dibawah bimbingan Dr. Santi Rande, M.Si selaku pembimbing I dan Hj. Hariati, S.Sos, M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan situasi dan kondisi empiris di lapangan. Dalam penelitian ini, penulis juga menggunakan penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi guna memperoleh data primer mengenai Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Data-data yang didapatkan, dianalisis dengan menggunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Sempaja sudah berjalan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator Kualitas Pelayanan yaitu Berwujud (Tangible), Keandalan (Reability), Responsif (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Perhatian (Empathy) yang dilakukan oleh pegawai dan tenaga medis di Puskesmas Sempaja. Namun terdapat hal tersebut masih belum berjalan secara maksimal dikarenakan adanya faktor-faktor penghambat. Kesimpulannya, Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda sudah cukup baik dalam pelaksanaannya, walaupun masih terdapat beberapa kendala yang masih dihadapi.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Santi Rande, M. Si dan Hj. Hariati, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2526
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: EJURNAL