Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Konsep Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT Trustco Insan Mandiri Samarinda (Sapardianto)
May 2, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Sapardianto,
On: May 2, 2013 @ 5:32 PM
IP: 36.82.211.39
- 1. Title [Judul]: Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Konsep Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT Trustco Insan Mandiri Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Sapardianto
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Balanced Scorecard dan Kinerja
- 4. Description [Abstrak] : Bagi perusahaan betapa pentingnya memelihara aset keuangan maupun non keuangan dengan melakukan evaluasi kinerja. Konsep untuk melakukan evaluasi pengukuran kinerja tersebut dinamakan Balanced Scorecard.
Balanced Scorecard dikembangkan oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton. Balanced Scorecard merupakan pengukuran kinerja perusahaan yang modern dengan mempertimbangkan empat perspektif (yang saling berhubungan) yang merupakan penerjemahan strategi dan tujuan yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan dalam jangka panjang, yang kemudian diukur dan dimonitor secara berkelanjutan. Konsep ini kemudian digunakan untuk mengukur kinerja PT Trustco Insan Mandiri.
PT Trustco Insan Mandiri merupakan perusahaan jasa yang memiliki fungsi mendidik manusia menjadi profesional di bidangnya dengan maksud meningkatkan kualitas kerja sumber daya manusia tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kinerja PT Trustco Insan Mandiri jika diukur menggunakan konsep Balanced Scorecard. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode pengumpulan data primer dan data sekunder dari perusahaan.
Hasil penelitian pada periode 2008-2009 terdapat alat ukur dalam kriteria tidak baik yaitu ROI, DAR, akuisisi pelanggan, inovasi produk dan proses operasi. Pada periode 2009-2010 kriteria tidak baik terdapat pada CR, DAR, retensi pelanggan, inovasi produk, proses operasi dan retensi karyawan. Pada periode 2010-2011 kriteria tidak baik terdapat pada CR, akuisisi pelanggan dan proses operasi. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Ir. Noercahyono, MM dan Rr. Marliana W., SE., MM
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 01 Mei 2013
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/?p=626
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: –