Representasi Komunikasi Interaktif Budaya Barat pada Film Chef Karya John Favreau (Fahrian)
August 23, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Aug 23, 2017 @ 11:43 AM
IP: 114.125.172.136
- 1. Title [Judul]: Representasi Komunikasi Interaktif Budaya Barat pada Film Chef Karya John Favreau
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fahrian
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Representasi Komunikasi Interaktif, Analisis Semiotika Roland Barthes,
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda konotasi dan denotasi dalam film Chef. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori semiotik dengan model Roland Barthes. Barthes mengembangkan semiotik dengan dua tingkatan pertandaan, yaitu denotasi dan konotasi yang menghasilkan makna eksplisit untuk memahami makna yang terkandung dalam film ini. Dalam kerangka Barthes, konotasi identik dengan operasi, yang disebutnya sebagai “mitos” dan berfungsi untuk mengungkapkan dan memberikan pembenaran bagi nilai-nilai dominan yang berlaku dalam suatu periode tertentu. Film Chef, memiliki makna denotasi sebagai film yang menggambarkan perjalanan karir seorang chef masa kini yang kesehariannya tidak lepas dari pengaruh media sosial yang dimana menjadi batu sandungan bagi karirnya. Penuh konflik hingga kemudian mampu kembali bangkit ke puncak karirnya dengan media sosial itu pula. Sedangkan makna konotasinya, seseorang yang memiliki karir atau pekerjaan yang bersentuhan secara langsung atau tidak langsung dengan media sosial dapat dengan mudah menjadi bagian dari isi berita atau pesan yang dikomunikasikan. Pesan atau berita yang telah menjadi isi dari media sosial tersebut dapat menjadi hal yang buruk bagi orang yang terlibat didalamnya jika isi pesan atau berita tersebut mengandung makna negatif. Dan sebaliknya akan menjadi batu loncatan yang baik jika dimanfaatkan dengan mengisi pesan atau berita tentang hal-hal yang positif. Film yang tergolong dalam film motivasi ini menegaskan mitos, bahwa manusia memerlukan komunikasi yang efektif dalam kehidupan. Karena manusia adalah makhluk sosial, baik itu komunikasi verbal maupun nonverbal sangat dibutuhkan.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Inda Fitriyarini, S.Sos.,M.Si , Hikmah, S.Sos.,M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3093
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal article