TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF DINAS PARIWISATA KOTA SAMARINDA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAYA TARIK WISATA KOTA SAMARINDA (Olivia Erviani)
August 15, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Aug 15, 2017 @ 10:01 AM
IP: 36.82.186.6
- 1. Title [Judul]: TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF DINAS PARIWISATA KOTA SAMARINDA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAYA TARIK WISATA KOTA SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Olivia Erviani
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi Persuasif, Daya Tarik, Pariwisata
- 4. Description [Abstrak] : Olivia Erviani, 1302055109, Teknik Komunikas Persuasif Dinas Pariwisata Kota Samarinda Dalam Meningkatkan Kualitas Daya Tarik Wisata Kota Samarinda. Dibawah bimbingan dari Bapak Drs. Endang Erawan, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Sarwo Eddy Wibowo, S.I.Kom., M.M selaku pebimmbing II, Pogram Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam meningkatkan kualitas daya tarik wisata Kota Samarinda. Jenis Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian pada penelitia ini adalah bagaimana teknik komunikasi persuasif yaitu teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan, dan teknik red-herring. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan key informant dan informan di Dinas Pariwisata Kota Samarinda untuk dijadikan narasumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian teknik komunikasi persuasif Dinas Pariwisata Kota Samarinda Dalam meningkatkan kualitas daya tarik wisata kota samarinda, yang menggunakan teknik komunikasi persuasif, yaitu teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan, dan teknik red-herrin, adalah teknik komunikasi yang digunakan melalui sosialisasi yang merupakan kegiatan untuk menyampaikan, menginformasikan, mengembangkan serta mengarahkan dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya pariwisatan dan sadar wisata. Dengan penggunaan media berupa media tatap muka, penggunaan media massa dan new media tidak aktif dijalankan oleh dinas pariwisat, yang digunakan sebagai jalan komunikasi untuk menyampaikan pesan dari Dinas Pariwisata Kota Samarinda kepada masyarakat dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Special event dilaksanakan pula oleh dinas pariwisata untuk meningkatkan pariwisata di Kota Samarinda. Dinas pariwisata melakukan kerjasam pula dengan dinas-dinas lain untuk bergabung mewujudkan daya tarik wisata yang meningkat. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M. Si & Sarwo Edy Wibowo, S.I.Kom., M.M
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15 Agustus 2017
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3083
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel