KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK MEGA CABANG PEMBANTU S.PARMAN SAMARINDA (Anggie Seftyan Nugraha)
August 10, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Aug 10, 2017 @ 11:59 AM
IP: 180.248.229.32
- 1. Title [Judul]: KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK MEGA CABANG PEMBANTU S.PARMAN SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Anggie Seftyan Nugraha
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Customer Service, Openness, Empati, Suportiveness, Positiveness
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas komunikasi interpersonal komunikasi Customer Service dalam meningkatkan loyalitas nasabah di Bank Mega KCP S.Parman kota Samarinda..
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus dalam penelitian ini yaitu; (1) Ketebukaan (Openness), (2) Empati, (3) Sikap Mendukung (Suportiveness), dan (4) Sikap Positive (Positiveness).
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang dikemukakan oleh Mathew B. Miles dan Michael Huberman (1992:15-20), data kualitatif menggunakan analisis data model interaktif yang terdiri atas empat komponen, yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan
Hasil penelitian ini menunjukan penggunaan sikap-sikap positif komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh Customer Service di latarbelakangi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang memungkinkan penggunaan sikap-sikap positif komunikasi interpersonal di Bank Mega KCP S.Parman adalah untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Loyalitas nasabah ialah komitmen nasabah bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk/jasa terpilih secara konsisten dimasa yang akan datang, meskipun pengaruh situasi dan usaha-usaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan perubahan perilaku. (Ratih Hurriyati, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen…, hal. 129). Dalam hal ini peneliti memaparkan berdasarkan 4 sikap positif efektivitas komunikasi interpersonal menurut DeVito. sikap itulah yang penulis gunakan untuk menjelaskan kualitas komunikasi interpersonal customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah Bank Mega cabang pembantu S.Parman Samarinda. Dari hasil penelitian Customer service melayani dengan mengaplikasikan sikap-sikap positif dalam melayani nasabahnya yang membuat loyalitas nasabahnya meningkat.
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S dan Hj. Hairunnisa, S.Sos. MM
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 10 Agustus 2017
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3071
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel