STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN DAERAH DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA (Cristhin Depoyanti)
August 2, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Aug 2, 2017 @ 11:49 AM
IP: 125.162.114.199
- 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN DAERAH DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Cristhin Depoyanti
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas,Pelayanan, Kesehatan, Jamkesda, Puskesmas
- 4. Description [Abstrak] : “Studi Tentang Kualitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda”. Pembimbing I Dr. Anthonius Margono, M.Si dan Pembimbing II Hj. Hariati S.sos., M.Si. Tujuan dari Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan jaminan kesehatan daerah di Puskesmas Sempaja kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam melaksanakan kualitas pelayanan jaminan kesehatan daerah di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini berdasarkan dimensi kualitas pelayanan yakni yakni Keandalan (Reliability), Keresponsifan (Resvonsiveness), Keyakinan (Assurance), Penhatian (Empaty), Berwujud (Tangible). Berdasarkan jenis penelitian yang digunakan, sumber data yang digunakan bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berdasarkan riset kepustakaan dan riset lapangan. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara tenaga kesehatan yang ada sudah berkompeten dalam melayani pasien, pelayanan yang diberikan juga sudah cepat dan tanggap sehingga hal ini menimbulkan kepercayaan masyarakat yang berobat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Berdasarkan pengamatan penulis, fasilitas-fasilitas yang ada sudah cukup baik penampilan dan kerjasama petugas juga sudah cukup baik. Namun demikian terdapat hal yang menjadi penghambat terlaksananya kualitas pelayanan kesehatan yakni kondisi bangunan yang masih kurang memadai yang dapat dilihat dari ruang tunggu yang ukurannya terlalu sempit dan masih menggunakan teras sebagai ruang tunggu.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anthonius margono, M.Si dan Hj. Hariati, S. Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2508
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal