DIMENSI INTERAKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM INSTAMARINDA GUNA MEMPERKENALKAN DAERAH PARIWISATA DI KOTA SAMARINDA (Jawhari Fajri)

July 31, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 31, 2017 @ 3:05 PM
IP: 36.82.226.90

  • 1. Title [Judul]: DIMENSI INTERAKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM INSTAMARINDA GUNA MEMPERKENALKAN DAERAH PARIWISATA DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Jawhari Fajri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Interaktivitas, Instagram, Uses and Gratification Theory, Instamarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan interaktif dalam memperkenalkan daerah wisata melalui postingan komunitas Instamarinda di media sosial Instagram.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus dalam penelitian ini yaitu; (1) Kompleksitas, (2) Besaran Usaha, (3) Tingkat Respon Media, (4) Kemampuan, (5) Kemudahan, dan (6) Memfasilitasi.
    Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang dikemukakan oleh Mathew B. Miles dan Michael Huberman (1992:15-20), data kualitatif menggunakan analisis data model interaktif yang terdiri atas empat komponen, yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan
    Hasil penelitian ini menunjukan penggunaan fitur-fitur interaktivitas oleh pengguna di latarbelakangi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang memungkinkan penggunaan fitur-fitur interaktivitas di Instagram adalah adanya motivasi untuk mencari atau melakukan sesuatu di Instagram. Motivasi merupakan suatu dorongan yang timbul oleh adanya dorongan dari dalam dan dari luar untuk mengadakan perubahan dari suatu keadaan pada keadaan yang diharapkan, dan usaha untuk mencapai tujuan (Uno 2011). Dalam hal ini peneliti memaparkan berdasarkan 6 dimensi interaktivitas menurut cariee heeter. Dimensi itulah yang penulis gunakan untuk menjelaskan interaktivitas yang ada di instagram Instamarinda guna memperkenalkan daerah wisata di Kota Samarinda. Dari hasil penelitian Instamarinda membantu memberikan informasi tentang destinasi wisata kota Samarinda dengan postingan foto terbaik yang membuat hasrat berwisata di Kota Samarinda lebih meningkat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, Nurliah, S. Sos., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email