PROGRAM PLASMA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. RIMBA RAYATAMA JAYA DALAM POLA KEMITRAAAN MASYRAKAT DI KAMPUNG BESIQ KECAMATAN DAMAI KABUPATEN KUTAI BARAT (Iglesias Asik)

June 20, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Asik, Iglesias
On: Jun 20, 2017 @ 11:35 AM
IP: 180.248.226.158

  • 1. Title [Judul]: PROGRAM PLASMA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. RIMBA RAYATAMA JAYA DALAM POLA KEMITRAAAN MASYRAKAT DI KAMPUNG BESIQ KECAMATAN DAMAI KABUPATEN KUTAI BARAT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Iglesias Asik
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Program, kemitraan, plasma, kelapa sawit
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan kerjasama kemitraan program plasma PT. Rimba Rayatama Jaya dengan Masyarakat di Kampung Besiq Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat. Latar belakang dari penelitian ini adalah hubungan Kemitraan yang dilakukan oleh Perusahaan dengan Masyarakat sekitar dalam hal mewujudkan pembangunan Kebun Plasma bagi Masyarakat, Kemitraan Operasional Perkebunan, Pola Operator, dan Faktor Penghambat pelaksanaan Program Kebun Plasma. Data-data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif yang dideskripsikan dan dijelaskan dengan data yang diperoleh dalam penjelasan yang sebenarnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Kampung Besiq Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat. Selanjutnya data penelitian diperoleh dari hasil wawancara penulis dengan informan dan key informan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan kemitraan PT. Rimba Rayatama Jaya dengan Masyarakat Kampung Besiq masih kurang baik. Khususnya dalam hal Kemitraan Operasional Perkebunan dan Pola Operator Perkebunan. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya pernyataan warga. Masyarakat Kampung Besiq yang masih belum memahami apa itu Kebun Plasma dan Pola Kerjasma Kemitraan seperti apa yang dilakukan dan masyarakat merasa terbeban karena harus menanggung sendiri biaya pengelolaan kebun plasma. Tetapi ada hubungan kerjasama yang cukup baik yaitu dalam hal mewujudkan Pembangunan Kebun Plasma Bagi Masyarakat. Hal itu bisa dilihat dari sudah terbangunnya Kebun Plasma untuk Masyarakat seluas 500 ha meskipun itu masih belum terbangun semuanya, karena luas wilayah Kebun Plasma yang harus dibangun PT. Rimba Rayatama Jaya adalah seluas 970 ha berdasarkan kesepakatan dengan Masyarakat Kampung Besiq.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Rita Kala Linggi, M.Si dan Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos, M.M.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20 Juni 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email