STRATEGI DINAS PARIWISATA, EKONOMI KREATIF DAN KOMINFO DALAM PENGEMBANGAN POTENSI OBYEK WISATA DI KOTA SAMARINDA ( Studi di Kampung Tenun Samarinda Seberang ) (SEPTI)

July 20, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 20, 2017 @ 10:27 AM
IP: 180.246.137.211

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI DINAS PARIWISATA, EKONOMI KREATIF DAN KOMINFO DALAM PENGEMBANGAN POTENSI OBYEK WISATA DI KOTA SAMARINDA ( Studi di Kampung Tenun Samarinda Seberang )
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: SEPTI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: trategi Pengembangan, Obyek Wisata, Kampung Tenun Samarinda Seberang.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dinas pariwisata, ekonomi kreatif dan kominfo dalam pengembangan potensi objek wisata di kampung tenun samarinda seberang dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam strategi dinas pariwisata, ekonomi kreatif dan kominfo dalam pengembangan potensi objek wisata di kampung tenun Samarinda Seberang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Kerjasama kemitraan, Memahami kebutuhan wisatawan, Penyebaran produk wisata, Pemanfaatan seni budaya, Pemberdayaan masyarakat, penanaman modal, faktor penghambat. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas key informan yaitu Kabid Pengembangan Destinasi dan Kasubag Umum, informan penelitian yaitu pengrajin Tenun dan didukung dengan dokumentasi, data sekunder dan observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang diperoleh secara umum adalah Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo Kota Samarinda telah berusaha untuk mengembangkan potensi objek wisata di kampung tenun, upayanya dengan mengadakan promosi melalui event-event sarung tenun, melakukan inovasi baru dengan mengubah sarung menjadi busana yang mampu bersaing dengan busana modern lainnya, dan berusaha menyesuaikan keinginan konsumen. Namun upaya tersebut belum optimal karena persoalannya adalah kurangnya pendanaan, kurangnya kerjasama antar Dinas Pariwisata Kota Samarinda dengan kelompok tenun.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si dan Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading