STUDI TENTANG AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR SAMSAT PEMBANTU SAMARINDA SEBERANG (Neni Rofianti)

July 11, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 11, 2017 @ 3:18 PM
IP: 180.248.251.89

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR SAMSAT PEMBANTU SAMARINDA SEBERANG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Neni Rofianti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Akuntabilitas, pelayanan Publik
  • 4. Description [Abstrak] : Neni Rofianti, Studi Tentang Akuntabilitas Pelayanan Publik di Kantor Samsat Pembantu Samarinda Seberang. Bimbingan Bapak Dr. H. Abdullah Karim, M.S selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Dini Zulfiani, S. Sos., M.Si selaku dosen pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan Studi tentang Akuntabilitas Pelayanan Publik Di Kantor Samsat Pembantu Samarinda Seberang dan untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang menjadi penghambat Akuntabilitas Pelayanan Publik di Kantor Samsat Pembantu Samarinda Seberang. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini yaitu akuntabilitas kinerja pelayanan publik, akuntabilitas biaya pelayanan publik dan akuntabilitas produk pelayanan publik, serta faktor penghambat akuntabilitas pelayanan publik di Kantor Samsat Pembantu Samarinda seberang. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas key informan yaitu Pimpinan Samsat Pembantu Samarinda Seberang dan informan peneliti yakni Staff Samsat Pembantu Samarinda Seberang melalui metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Samsat Pembantu Samarinda Seberang memiliki peran penting dalam memberikan pertanggungjawaban pelayanan kepada masyarakat didalam pengurusan perpanjangan STNK 1 Tahun, meskipun pertanggungjawaban yang diberikan belum mencapai 100%. Di lihat dari pertanggungjawaban kinerja pelayanan publik mengenai tingkat ketelitian, profesionalitas petugas, dan kedisiplinan pegawai masih belum berjalan sesuai dengan harapan, untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik didukung dengan adanya sarana dan prasarana yang cukup memadai dan disediakannya IKM dengan sistem komputerisasi. Serta pertanggungjawaban biaya pelayanan perpanjangan STNK 1 Tahun biaya yang dipungut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah Provinsi Kalimantan Timur dan adanya kesederhanaan produk pelayanan mengenai prosedur dan mekanisme kerja serta persyaratan teknis dan administrative yang sudah jelas dan tidak rumit. Untuk faktor penghambatnya yakni, waktu pelayanannya kurang maksimal sesuai dengan waktu yang telah di tentukan dan sarana di bidang teknologi juga sangat minim seperti tidak memiliki server pengolah/penyimpanan data sendiri, yang terkadang sering mengalami gangguan sehingga pelayanan kepada masyarakat tidak berjalan secara maksimal.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Abdullah Karim,M.S dan Dini Zulfiani, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading