PERANAN BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KOTA SAMARINDA DALAM MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN (STUDI DI KECAMATAN SAMARINDA ULU) (SETIO RINI) (SETIO RINI)

May 31, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 31, 2017 @ 11:28 AM
IP: 125.160.65.84

  • 1. Title [Judul]: PERANAN BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KOTA SAMARINDA DALAM MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN (STUDI DI KECAMATAN SAMARINDA ULU) (SETIO RINI)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: SETIO RINI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peranan, BAPPEDA, Musrenbang Kecamatan.
  • 4. Description [Abstrak] : Setio Rini, Judul skripsi mengenai Peranan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Samarinda dalam Musrenbang Kecamatan (Studi di Kecamatan Samarinda Ulu), dibawah bimbingan Dr. Anthonius Margono, M.Si selaku pembimbing I dan Drs. H. Hamdan, M.Si selaku pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peranan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Samarinda dalam Musrenbang Kecamatan di Kecamatan Samarinda Ulu dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi peranan Bappeda Kota Samarinda dalam Musrenbang Kecamatan di Kecamatan Samarinda Ulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara library research dan field work research yaitu melalui observasi, wawancara langsung dengan informan dan penelitian arisp-arsip serta dokumen yang ada pada Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Samarinda. Sumber data yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data deskriptif kualitatif, yang diawali dengan proses pengumpulan data (data collection), penyederhanaan data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusing drawing). Hasil penelitian ini diketahui bahwa Peranan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Samarinda sebagai Fasilitator dalam Musrenbang Kecamatan di Kecamatan Samarinda Ulu dapat dilihat dari proses Penyusunan Surat Edaran, Sosialisasi Surat Edaran, Menerjunkan Tim BAPPEDA, dan Pendampingan dalam Musrenbang. Namun BAPPEDA Kota Samarinda belum optimal didalam menjalankan peranannya dalam musrenbang karena sebagai badan yang memfasilitasi dan mengawal hasil-hasil musrenbang, BAPPEDA Kota Samarinda hanya sekitar 60% dalam mengupayakan usulan-usulan prioritas untuk direalisasikan dan Peranan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Samarinda sebagai koordinator dalam Musrenbang Kecamatan di Kecamatan Samarinda Ulu sudah cukup baik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anthonius Margono, M.Si Drs. H. Hamdan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email