PERAN SERTA WARGA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 9 LEMPAKE SAMARINDA (Olvin Ekayanti Paparang)

May 31, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 31, 2017 @ 11:06 AM
IP: 125.160.65.84

  • 1. Title [Judul]: PERAN SERTA WARGA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 9 LEMPAKE SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Olvin Ekayanti Paparang
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Adiwiyata, Lingkungan, peran warga Sekolah
  • 4. Description [Abstrak] : Peran Serta Warga Sekolah Dalam Melaksanakan Program Adiwiyata merupakan tindakan kepedulian dan kesadaran terhadap lingkungan hidup sekolah yang dilakukan oleh warga sekolah yang meliputi kepala sekolah, guru, siswa, serta petugas kebersihan, program adiwiyata bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah dan sebagai tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji upaya sekolah dalam mengkaji peran serta warga sekolah dalam melaksanakan program Adiwiyata disekolah serta pelaksanaan keempat komponen program Adiwiyata di SMA Negeri 9 Lempake Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Key Informan penelitian ini adalah Ketua Tim Adiwiyata Sekolah, dan informan penelitian ini adalah guru PLH, Siswa, Serta karyawan sekolah. Lokasi penelitan di SMA Negeri 9 Lempake Samarinda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara penelitian kepustakaan (Library Reseacrh) dan penelitian kelapangan (Field work reseacrh) yakni dengan melakukan wawancara dengan key informan menggunakan purposive sampling dan informan menggunakan snowball sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik analisis data model interaktif yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya sekolah dalam melaksanakan program Adiwiyata mendapat respon positif dari warga sekolah, peran serta warga sekolah dalam mewujudkan program Adiwiyata dilaksanakan dalam pengelolaan sampah, kegiatan jumat bersih, dan penghijauan. Pelaksanaan berwawasan lingkungan sudah terlaksana dengan merubah visi misi yang mendukung pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup, kurikulum dengan berwawasan lingkungan dengan mengintegrasikan materi wawasan lingkungan kedalam mata pelajaran, kegiatan lingkungan berbasis parsipatif dilaksanakan melalui aksi lingkungan, seperti kegiatan rutin jumat bersih, dan mengelola sarana lingkungan dengan memanfaatkan Green House dan kebun sekolah, namun didalam pelaksanaan program Adiwiyata ada kendala yang dihadapi yaitu kurangya kerjasama antara beberapa warga sekolah dalam pengelolaan lingkungan hidup di sekolah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si Dan Drs. H. Burhanudin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email