Dampak Pemusnahan Orangutan Di Kalimantan Timur Oleh Perusahaan Asing Malaysia (PT Khaleda Agroprima Malindo) (Nurlaila)

March 25, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: nurlaila, nurlaila
On: Mar 25, 2013 @ 10:53 AM
IP: 110.139.148.58

  • 1. Title [Judul]: Dampak Pemusnahan Orangutan Di Kalimantan Timur Oleh Perusahaan Asing Malaysia (PT Khaleda Agroprima Malindo)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nurlaila
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Orangutan, Pemusnahan Orangutan, PT Khaleda Agroprima Malindo, Dampak Pemusnahan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemusnahan Orangutan di Kalimantan Timur oleh perusahaan Asing Malaysia dan untuk mengetahui upaya pemerintah dalam melindungi Orangutan di Kalimantan Timur. Tipe penelitian yang digunakan adalah field research, penelitian yang menggunakan wawancara dan pengamatan langsung dengan objek penelitian tentang terjadinya pemusnahan Orangutan di Muara Kaman yang melibatkan PT Khaleda Agroprima Malindo. Data yang disajikan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, laporan media massa, internet, serta sumber-sumber yang berhubungan dengan pokok permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Purposive Sampling yakni pengambilan sampel berdasarkan kapasitas dan kapabilitas yang benar-benar paham di dalam suatu penelitian. Teknik analisis data adalah Domain Analysis yang memfokuskan pada wilayah objek penelitian di Muara Kaman Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.
    Hasil penelitian menunjukkan dampak pemusnahan Orangutan di Muara Kaman adalah berkurangnya populasi Orangutan di Muara Kaman, kasus Pemusnahan Orangutan menjadi pemberitaan Media Lokal, Nasional dan Internasional dan penolakan kelapa sawit dari Indonesia karena dianggap tidak ramah lingkungan. Upaya pemerintah Indonesia untuk melindungi Orangutan yaitu penegakan hukum terhadap pembantai Orangutan, pelepasliaran Orangutan di hutan Kehje Sewen Kutai Timur, himbauan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk melindungi Orangutan dan kerjasama BKSDA Kalimantan Timur dan COP untuk melindungi Orangutan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Sonny Sudiar, S.IP.MA dan Andi Purnawarman, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: http://portal.fisip-unmul.ac.id/site/?page_id=20

Loading

Print Friendly, PDF & Email