REPRESENTASI NILAI DISKRIMINASI RASIAL DALAM FILM “TWELVE YEARS A SLAVE” KARYA STEVE MCQUEEN (Pricillia Maengkom)

February 27, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 27, 2017 @ 3:54 PM
IP: 180.246.139.239

  • 1. Title [Judul]: REPRESENTASI NILAI DISKRIMINASI RASIAL DALAM FILM “TWELVE YEARS A SLAVE” KARYA STEVE MCQUEEN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Pricillia Maengkom
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Analisis Semiotika, Diskriminasi Rasial, Film Twelve Years A Slave
  • 4. Description [Abstrak] : Representasi Nilai Diskriminasi Rasial dalam Film Twelve Years A Slave, dibawah bimbingan Hj. Hairunnisa, S.Sos., M.M dan Kezia Arum Sary,S.Ds, M.Med.Kom.
    Tujuan Penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk nilai diskriminasi rasial dan memahami makna nilai diskriminasi rasial dalam film Twelve Years A Slave. . Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui pengamatan secara menyeluruh terhadap objek penelitian yaitu film Twelve Years A Slave yang berdurasi 134 menit. . Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah film Twelve Years A Slave dengan mengobservasi gambar (visual image) dan suara/dialog (audio) yang di dalamnya terdapat unsur tanda yang menggambarkan nilai-nilai diskriminasi rasial. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan model semiotika Roland Barthes yang terdiri dari tatanan pertandaan yaitu denotasi dan konotasi. data pendukung (data sekunder) dalam penelitian ini diperoleh melalui media studi pustaka untuk mendapat teori-teori yang relevan dan data-data yang dapat dipakai untuk menyelesaikan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Twelve Years A Slave menyampaikan nilai diskriminasi rasial yang kuat kepada penontonnya dengan menggunakan sejarah, dan perkembangan karakter dalam film. Film Twelve Years A Slave juga menggunakan berbagai simbol-simbol yang merupakan representasi dari karakter-karakternya. Dengan menciptakan karakter-karakter yang sesuai pada buku tentang Solomon Northup, film ini menyadarkan penontonnya bahwa hanya karena seseorang terlihat berbeda bukan berarti kita bisa menganiaya, menghakimi, atau berlaku tidak hormat pada orang lain. setiap orang memiliki hak yang sama dengan kita untuk dapat hidup harmonis di dunia.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa, S.Sos., M.M dan Kezia Arum Sary,S.Ds, M.Med.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 27 Februari 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email