Mental Imagery Mengenai Lingkungan Sosial yang Baru Pada Korban Bullying (Gerda Akbar)
March 18, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Akbar, Gerda
On: Mar 18, 2013 @ 9:01 PM
IP: 61.94.86.131
- 1. Title [Judul]: Mental Imagery Mengenai Lingkungan Sosial yang Baru Pada Korban Bullying
- 2. Creator [Pengarang/penulis]: Gerda Akbar
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Lingkungan Sosial, Mental Imagery, Bullying
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan gambaran mental (mental imagery) mengenai lingkungan sosial yang baru pada korban bullying. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa di SMP N 5 Samarinda sebanyak 4 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan obsevasi dan wawancara. Teknik analisa data menggunakan model coding atau disebut dengan (developing coding categories) aktivitas membangun kategori data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mental imagery pada korban bullying mengenai lingkungan sosial yang baru memiliki makna positif dalam menggambarkan situasi-situasi atau keadaan yang hendak dicapai oleh siswa korban bullying kedepannya. Perlakuan tidak menyenangkan yang diterima oleh siswa korban bullying di SMP N 5 Samarinda tidak memberikan dampak yang membuat siswa tersebut memiliki gambaran mental yang menunjukkan kepesimisan untuk memasuki lingkungan sekolah yang baru. Siswa korban bullying menginginkan lingkungan sosial atau sekolah yang baru nantinya memiliki orang-orang dengan perilaku baik. Siswa korban bullying juga berharap dirinya dapat diterima seperti siswa-siswa yang lain saat berada di lingkungan sekolah yang baru tersebut. Upaya yang dilakukan untuk mendukung kelancaran hubungan interaksi pertemanan di lingkungan sekolah yang baru kedepannya ialah, korban bullying akan mencoba menjadi anak yang lebih aktif lagi daripada sebelumnya. Siswa korban bullying juga menginginkan adanya ketegasan dan kekonsistenan dari peraturan-peraturan yang ada di lingkungan sekolah yang baru nantinya, terutama pengaplikasian atau penerapan peraturan tersebut terhadap siswa pelaku tindakan bullying.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Psikologi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, MS, Diah Rahayu, S.Psi., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/?p=583
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal