PENGARUH TERPAAN TAYANGAN HITAM PUTIH (EDISI TUKANG SAPU MENJADI PENGUSAHA SUKSES) TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN MOTIVASI BELAJAR MASYARAKAT BALIKPAPAN (Dendy Mazda Syahputra)

February 9, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 9, 2017 @ 2:19 PM
IP: 61.5.112.93

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH TERPAAN TAYANGAN HITAM PUTIH (EDISI TUKANG SAPU MENJADI PENGUSAHA SUKSES) TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN MOTIVASI BELAJAR MASYARAKAT BALIKPAPAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dendy Mazda Syahputra
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Terpaan, Hitam Putih, Motivasi,
  • 4. Description [Abstrak] : Dendy Mazda Syahputra, NIM. 1202055073. Pengaruh Terpaan Tayangan Hitam Putih Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Motivasi Belajar Masyarakat Balikpapan yang dibimbing oleh Inda Fitryarini, S.Sos. M.Si selaku dosen pembimbing I dan Drs. Ghufron, M.Si selaku dosen pembimbing II.
    Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tayangan hitam putih terhadap pemenuhan kenbutuhan motivasi belajar masyarakat Balikpapan. Variabel X pada penelitian ini adalah terpaan tayangan hitam putih. Variabel Y pada penelitian ini adalah pemenuhan kebutuhan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yakni kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif, yaitu yang menghubungkan sebab akibat dari dua variabel.
    Metode dan Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif. Jenis penelelitian eksplanatif yaitu periset menghubungkan atau mencari sebab akibat antara dua atau leih konsep (variabel) yang akan diteliti. Jumlah populasi pada penelitian ini yakni berjumlah 95 orang dengan jumlah sampel yakni 49 orang dengan menggunakan rumus Yamane.
    Hasil penelitian yang didapatkan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana adalah ada pengaruh terpaan tayangan hitam putih terhadap pemenuhan kebutuhan motivasi masyarakat Balikpapan yakni dengan nilai R square sebesar 0,816. Artinya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sangat kuat yakni 81,6%. Hal ini benar karena memang tayangan tersebut menampilakn hal-hal yang positif yang akan mengubah pola pikir masyarakat agar lebih kreatif dan mendapatkan motivasi serta inspirasi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Inda Fitryarini, S.Sos. M.Si dan Drs. Ghufron, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 09 Februari 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading