PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN OLEH BADAN PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU DI KABUPATEN PASER (Rizal Fauzi Wibawa)
January 30, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Jan 30, 2017 @ 10:17 AM
IP: 180.248.252.178
- 1. Title [Judul]: PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN OLEH BADAN PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU DI KABUPATEN PASER
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizal Fauzi Wibawa
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Izin Mendirikan Bangunan, Pelayanan
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran serta penjelasan tentang pelayanan izin mendirikan bangunan oleh Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu di Kabupaten Paser. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Paser pada fokus penelitian pelayanan Izin Mendirikan Bangunan, yakni kesederhanaan prosedur, kejelasan persyaratan dan biaya, kepastian waktu pelayanan, akurasi produk IMB, tanggungjawab penyelenggara pelayanan, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses memperoleh informmasi pelayanan, kedisiplinan pemberi pelayanan, kenyamanan lingkungan pelayanan kendala-kendala yang dihadapi oleh Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu dalam pelayanan Izin Mendirikan Bangunan di Kabupaten Paser. Sumber data dalam penelitian ini dibagi dalam dua bentuk data yaitu data primer yaitu informan dari BPMPPT dan informan dari masyarakat yang sedang dan yang pernah mengurus IMB sedangkan data sekunder yang sumber datanya dari profil BPMPPT. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu persiapan memasuki kancah penelitian (getting in), ketika berada di lokasi penelitian (getting along) dan pengumpulan data (logging to data), melalui observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data model interaktif seperti yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelayanan IMB oleh BPMPPT Kabupaten Paser sudah cukup baik meliputi prosedur pengurusan, akurasi produk, tanggungjawab penyelenggara pelayanan, kejelasan persyaratan dan biaya serta kedisiplinan pemberi pelayanan, hanya saja ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, seperti sarana dan prasarana pendukung dan sosialisasi yang masih kurang efektif.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Djumadi, M.Si Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2368
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal AN