Pengaruh Penggunaan Electronic Government Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Didin Parastiawan)

January 27, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 27, 2017 @ 3:49 PM
IP: 192.168.10.96

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Penggunaan Electronic Government Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Didin Parastiawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: electronic government, peningkatan kualitas pelayanan publik, Kantor Pelayanan P
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis penggunaan electronic government dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat asosiatif, hipotesis yang digunakan adalah penggunaan electronic government mempunyai pengaruh yang possitif dan signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini dilakasanakan di Kota Samarinda dengan sampel masyarakat berjumlah 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner, wawancara, dan observasi langsung dilapangan. Data yang diperlukan dianalisis dengan analalisis korelasi product moment, analisis regresi sederhana, kecermatan prediksi, dan analisis koefisien determinasi yang dibantu dengan bantuan komputer program SPSS Versi 16.0.
    Adapun temuan dalam penelitian ini adalah, Pertama, terdapat keeratan pengaruh yang rendah antara penggunaan electronic government terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik berdasarkan kriteria korelasi Gulford, dengan korelasi 0,354. Kedua, terdapat persamaan garis linier yang signifikan dengan menguji Ftest lebih besar dari pada Ftabel. Ketiga, kemudian hasil uji signifikasi diperoleh hasil ttest lebih besar dari pada ttabel sehingga hipotesis hipotesis pertama penulis diterima. Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan electronic government terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik. Keempat, hasil prediksinya adalah cermat karena nilai sy lebih besar dari pada SEeast.
    Pengaruh varibel antara penggunaan electronic terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik adalah sebesar 12,5 persen yang berarti bahwa sisanya 87,5 persen dipengaruhi oleh varibel-variabel atau faktor-faktor lain diluar variabel besarnya pengaruh langsung adalah 12,5 persen, yang berarti bahwa sisanya dipengaruhi oleh variabel-varibel atau faktor-faktor lain diluar penggunaan electronic government.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muhammad Noor, M.Si, Dr. H. Syahrani, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email