Penerapan Prinsip-prinsip Tata Pemerintahan Yang Baik Dalam Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda (SYAMSINAR)
January 19, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Jan 19, 2017 @ 2:43 PM
IP: 180.248.251.213
- 1. Title [Judul]: Penerapan Prinsip-prinsip Tata Pemerintahan Yang Baik Dalam Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: SYAMSINAR
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Good Governance, Pelayanan Publik.
- 4. Description [Abstrak] : Penerapan Prinsip-prinsip Tata Pemerintaha yang Baik dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang, di bawah bimbingan Dr. Djumadi, M.Si dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan prinsip tata pemerintahan yang baik dalam pelayanan publik di Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang dan untuk mengidentifikasi faktor penghambat dari penerapan prinsip tata pemerintahan yang baik di Kelurahan Mesjid Kecamatan Samarinda Seberang. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yang ditetapkan adalah prinsip dari tata pemerintahan yang baik yakni akuntabilitas, transparansi, penegakan hukum, kesetaraan, daya tanggap, efektivitas dan efisiensi serta hambatan-hambatannya. Informan penelitian adalah Lurah dan staf Kelurahan yang tugasnya berkaitan dengan yang diteliti, masyarakat serta sektor swasta. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip tata pemerintahan yang baik dalam pelayanan publik di Kelurahan Baqa dilaksanakan dengan cukup baik dengan cara penyampaian informasi dan adanya keterbukaan dari pihak Kelurahan serta kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan aspirasi-aspirasi yang ditujukan untuk Kelurahan dengan respon yang baik dan tidak diskriminasi. Hambatan-hambatan pada penerapan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik di Kelurahan Baqa adalah kurangnya kepedulian masyarakat terhadap kemajuan program kerja di Kelurahan dalam hal pemberi pelayanan dan penerima pelayanan, serta kurangnya sumber daya manusia yang ada di Kelurahan Baqa menjadikan pelayanan kurang efektiv juga berdampak pada penyampaian informasi yang kurang maksimal.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Djumadi, M.Si. Dr. Fajar Apriani, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2366
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal AN