STIMULUS KOGNITIF MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MULAWARMAN DALAM MEMAHAMI ETIKA ISLAM PADA PROGRAM BERITA ISLAMI MASA KINI TRANS TV (Darmawati)

November 18, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 18, 2016 @ 2:32 PM
IP: 180.248.69.253

  • 1. Title [Judul]: STIMULUS KOGNITIF MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MULAWARMAN DALAM MEMAHAMI ETIKA ISLAM PADA PROGRAM BERITA ISLAMI MASA KINI TRANS TV
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Darmawati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Stimulus Kognitif, Program Berita Islami Masa Kini, Pemahaman Etika Islam
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis Stimulus Kognitif Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman Dalam Memahami Etika Islam Pada Program Berita Islami Masa Kini Trans TV. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang disajikan melalui observasi dan wawancara menggunakan data primer yaitu sumber data informanyakni Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman data sekunder melalui sumber data dokumen yang diperoleh dari program studi Ilmu Komunikasi, akademik dan SIA Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, buku-buku serta data yang di dapatkan melalui internet dan dari beberapa dokumentasi. Kemudian teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis (Interactive model of analysis) dikembangkan oleh Matthew B. Miles, A. Michael Huberman dan Johnny Saldana.
    Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Stimulus Kognitif yakni program Berita Islami Masa Kini yang sifatnya audiovisual telah mampu berperan sebagai stimulus atau rangsangan (penyampai pesan) kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Program ini dijadikan Mahasiswa sebagai salah satu media informasi terpercaya untuk mendapatkan informasi mengenai etika Islam. Setelah menonton program Berita Islami Masa Kini mahasiswa akan memproses informasi tersebut dengan membedakan informasi mana yang benar dan salah, membedakan informasi yang sebelumnya dengan yang baru didapatkan, kemudian Mahasiswa Ilmu Komunikasi akan mendapatkan efek kognitif dari informasi tersebut yakni pemahaman mengenai etika-etika Islam, dari tidak tahu menjadi tahu, dan yang tadinya bingung menjadi lebih jelas, dimana hal tersebut telah mampu merubah cara berpikir mereka yang berpengaruh pada cara pandang, sikap atau perilaku yang akan mereka lakukan kedepannya agar sesuai dengan etika Islam.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Hamdan, M.Si dan Nurliah, S.Sos., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 18 November 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading