PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN KARANG ANYAR KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA (Yonatan Sunday Pasapan)

October 19, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Sunday Pasapan, Yonatan
On: Oct 19, 2016 @ 10:51 AM
IP: 36.80.58.151

  • 1. Title [Judul]: PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN KARANG ANYAR KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yonatan Sunday Pasapan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Good Governance, Pelayanan Publik, Kelurahan
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian untuk mengetahui implementasi prinsip-prinsip Good Governance dalam pelayanan publik kepada masyarakat serta mengetahui faktor apa saja yang menghambat implementasi prinsip-prinsip Good Governance di Kantor Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi, sementara fokus penelitian ini adalah akuntabiltas dalam pelayanan publik, transparansi dalam pelayanan publik, keterbukaan dalam pelayanan publik, aturan hukum dalam pelayanan publik dan hambatan-hambatan yang dialami dalam implementasi prinsip-prinsip Good Governance dalam meningkatkan kinerja aparatur pelayanan publik dalam yang dihadapi oleh aparatur atau pegawai dalam memberikan pelayanan pada Kantor Kelurahan Karang Anyar, dan metode yang digunakan bersifat Kualitatif Deskriptif.
    Dari Hasil penelitian diketahui implementasi prinsip-prinsip Good Governance untuk meningkatkan kinerja aparatur dalam pelayanan di Kantor Kelurahan Karang Anyar dalam akuntabilitas, transparansi, keterbukaan dan aturan hukum dalam pelayanan belum maksimal, karena ada beberapa faktor yang menjadi penghambat seperti Sumber Daya Manusia (SDM) masih kurang dalam arti tidak sesuai dengan kompetensinya dan kurangnya sarana dan prasarana sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat belum berjalan lancar. Berdasarkan hasil analisis data, untuk mencapai Implementasi Prinsip-Prinsip Good Governance dan kepuasan masyarakat, antara lain adalah seperti peningkatan kualitas tenaga kerja (SDM) dalam memberikan pelayanan serta meningkatkan sarana dan prasarana agar pelaksanaan pelayanan di Kantor Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda dapat lebih baik dan lebih optimal.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Iman Surya, S.Sos, M.Si & Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos, MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 19 Oktober 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading