PERAN PT. INDONESIA PRATAMA DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA UMAQ DIAN DI KECAMATAN TABANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Noldi)

September 6, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Noldi
On: Sep 6, 2016 @ 10:37 AM
IP: 36.80.58.151

  • 1. Title [Judul]: PERAN PT. INDONESIA PRATAMA DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA UMAQ DIAN DI KECAMATAN TABANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Noldi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pembangunan, masyarakat, PT. Indonesia Pratama, desa Umaq Dian
  • 4. Description [Abstrak] : Noldi, 2015. Peran PT. Indonesia Pratama Dalam Pembangunan Masyarakat Desa Umaq Dian Di Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara. Dibawah bimbingan Bapak Dr.Erwin Resmawan, M.Si dan Ibu Dr.Rita Kala Linggi, M.Si. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran dan kontribusi dari perusahaan PT. Indonesia Pratama dalam pembangunan masyarakat Desa Umaq Dian, Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian adalah deskriftif kualitatif. Dengan fokus penelitian meliputi peran perusahaan PT. Indonesia Pratama di bidang pendidikan, kesehatan dan pertanian pada Desa Umaq Dian Kecamatan Tabang. Sumber data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, hasil observasi ke lokasi penelitian dan studi pustaka.
    Analisis data yang digunakan dalam penelitian berdasarkan data modul interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Hubeman (2007), serta reduksi data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi deruduksi dengan cara merangkum, memilih dan memfokuskan data pada hal – hal yang sesuai dengan tujuan penelitian. Setelah direduksi, data disajikan untuk dianalisis, selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perusahaan dalam membangun desa Umaq Dian sebelumnya sudah diterapkan dalam bidang pendidikan, perusahaan mengadakan perbaikan pembangunan Sekolah Dasar, pengadaan sarana belajar seperti bangku dan peralatan menulis. paket beasiswa bagi 34 siswa sekolah dasar yang tidak mampu dan bagi siswa yang berprestasi, serta 5 bagi guru dalam rangka melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Bidang kesehatan program bantuan kesehatan yaitu peningkatan kesehatan Program PERGIZI, yaitu program bantuan dalam hal pemeriksaan gizi balita, dan anak yang kekurangan gizi. Serta peran di bidang pertanian, perusahaan mengadakan peralatan mesin rumput, pengadaan racun rumput, dan pengadaan sarana dan alat bercocok tanam bagi masyarakat setempat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwin Resmawan, M.Si / Dr. Rita Kala Linggi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email