PELAYANAN KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI RUMAH SAKIT PANGLIMA SEBAYA KABUPATEN PASER (SOLEH ISKANDAR)
June 15, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Iskandar, Soleh
On: Jun 15, 2016 @ 9:07 AM
IP: 36.80.58.151
- 1. Title [Judul]: PELAYANAN KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI RUMAH SAKIT PANGLIMA SEBAYA KABUPATEN PASER
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: SOLEH ISKANDAR
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Kesehatan, Meningkatkan Kepuasan Masyarakat
- 4. Description [Abstrak] : Pelayanan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Di Rumah Sakit Panglima Sebaya Kabupaten Paser. Di bawah Bimbingan Prof. Dr. Masjaya, M.Si dan Dr. Muh. Jamal, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Panglima Sebaya dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat di Kabupaten Paser. Sumber data penelitian ini melibatkan Direktur RSUD Panglima Sebaya, Dokter Umum dan Spesialis, Kepala Tata Usaha (Administrasi), Paramedis, Pasien Rawat Inap dan Rawat Jalan. RSUD Panglima Sebaya Kabupaten Paser.
Teknik pengumpulan data melalui observasi berperan serta (participant observation), wawancara mendalam (indepth interview), dan dokumentasi, yang selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus pada tahap penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam hubungan antara dokter-pasien yang terjadi di Rumah Sakit Panglima Sebaya sejauh pengamatan peneliti dan fakta dilapangan yang terekam dalam wawancara bahwa dokter telah melakukan tugas dan kewajibannya secara profesional. Dokter yang bekerja di Rumah Sakit Panglima Sebaya berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang prima sesuai dengan kompetensi dasar yang dimiliki dokter. Kenyamana Pelayanan (Aminities). Menjadi pasien rumah sakit secara alamiah adalah keadaan terpaksa dimana seseorang membutuhkan penanganan medis segera. Kondisi terpaksa menjadi konsumen sering berhadapan dengan keterbatasan yang ada di unit pelayanan kesehatan Rumah Sakit Panglima Sebaya. Proses administrasi yang berbelit-belit membuat pasien dibiarkan menunggu lama secara tidak langsung mengurangi jaminan kesembuhan pasien karena terlambat mendapatkan penanganan. Penerimaan Pelayanan Kesehatan (Acceptable). Semakin tingginya tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan yang efektif dan efisien, mau tidak mau memacu Rumah Sakit Panglima Sebaya agar berupaya memenuhi tuntutan-tuntutan tersebut. Berbagai upaya pun ditempuh agar harapan pasien terwujud. Pelayanan prima yang dilakukan oleh Rumah Sakit Panglima Sebaya sangat erat kaitannya dengan kepuasan pasien dalam berobat - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof.Dr.H. Masjaya, M.Si & Dr. H. M.Jamal Amin, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15 Juni 2016
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1984
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi