PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA SAMARINDA (Deandlles Christover)

November 3, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 3, 2016 @ 10:40 AM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Deandlles Christover
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Good Governance, Pelayanan Publik, Partisipasi, Transparansi, Kesertaraan
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelayanan publik yang di laksanakan di Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda dengan menggunakan prinsip-prinsip Good Governance, sehingga pelayanan publik tersebut dapat terselenggara dengan cepat dan tepat waktu. Dalam penelitian ini, prinsip-prinsip Good Governance yang diteliti hanya dibatasi pada prinsip yang dikaitkan dengan partisipasi masyarakat, transparansi, kesetaraan, efektivitas, serta peneliti juga mengemukakan faktor-faktor yang menjadi penghambat didalam proses pelayanan publik di Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda.
    Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan menggambarkan serta mendeskripsikan bagaimana proses pelayanan publik yang dilaksanakan di Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda dengan mengacu pada prinsip-prinsip Good Governance.
    Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana tahun (2014:33), dimana anlisis data ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sekunder dengan melakukan penelitian kepustakaan dan sumber-sumber data sekunder lainnya serta melakukan penelitian langsung ke lapangan untuk mendapatkan data primer melalui wawancara yang mendalam (interview indeep).
    Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik di Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda khususnya yang berhubungan dengan partisipasi masyarakat menunjukan bahwa sebenarnya partisipasi masyarakat masih relatif rendah. Hal tersebut dikarenakan adanya kekurangan disiplin para pegawai yang melayani para wajib pajak mengakibatkan disiplin masyarakat cenderung atau relatif menurun. Sedangkan dalam transparansi, kesetaraan, dan efektifitas, pelayanan publik telah dilaksanakan secara baik dan optimal.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwin Resmawan, M.Si ; Drs. H. Burhanudin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: skripsi

Loading