FUNGSI LURAH SELAKU PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PROGRAM HIJAU BERSIH DAN SEHAT (HBS) DI KELURAHAN PELITA KOTA SAMARINDA (Erni Hidayati )

October 31, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 31, 2016 @ 3:26 PM
IP: 180.248.73.227

  • 1. Title [Judul]: FUNGSI LURAH SELAKU PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PROGRAM HIJAU BERSIH DAN SEHAT (HBS) DI KELURAHAN PELITA KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Erni Hidayati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: : fungsi kepemimpinan, Lurah, partisipasi masyarakat, program hijau bersih dan s
  • 4. Description [Abstrak] : Erni Hidayati, 2012, NIM 1202015102, Fungsi Lurah Selaku Pemimpin Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Program HBS di Kelurahan Pelita Kota Samarinda, Program Studi Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dibawah bimbingan Dr. Farhanuddin Jamanie, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Dr. Santi Rande, M.Si selaku dosen pembimbing II.
    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Fungsi Lurah Selaku Pemimpin Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Program HBS di Kelurahan Pelita Kota Samarinda, dan faktor apa saja yang menjadi penghambat Fungsi Lurah Selaku Pemimpin Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Program HBS di Kelurahan Pelita Kota Samarinda.
    Jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu masalah yang dikumpulkan dilapangan menurut apa adanya dan memberikan gambaran serta penjelasan dari variable-variabel yang diteliti dari Fungsi Lurah Selaku Pemimpin Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Program Hijau Bersih dan Sehat (HBS) di Kelurahan Pelita Kota Samarinda.
    Dari hasil yang penulis lakukan menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat masih rendah dikarenakan kurang adanya regulasi atau paraturan dan instruksi yang tegas dari pihak kelurahan pada pelaksanaan program HBS. serta kesadaran masyarakat terhadap kebersihan serta pengelolaan lingkungan itu sendiri masih rendah. Menyadari bahwa partisipasi masyarakat sangat di pengaruhi oleh kepemimpinan Lurah, maka disinilah peran seorang lurah dalam menjalankan fungsinya dengan baik dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat pada program HBS yaitu fungsi instruksi, fungsi konsultasi, fungsi partisipasi, fungsi delegasi, fungsi pengendalian yang merupakan indikator untuk mengukur fungsi lurah selaku pemimpin dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada program hijau, bersih dan sehat (HBS) di Kelurahan Pelita Kota Samarinda.
    Faktor Penghambat fungsi Lurah selaku pemimpin dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada program HBS di Kelurahan Pelita Kota Samarinda yaitu kondisi lingkungan, minimnya dana yang tersedia, kurangnya sarana dan prasarana pendukung, pola pikir, sikap serta kebiasaan masyarakat dan kemampuan atau potensi sumber daya manusia (SDM) yang ada.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Farhanuddin Jamanie, M.Si Dr. Santi Rande, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal AN

Loading

Print Friendly, PDF & Email