PERAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN KAWASAN WISATA DI KABUPATEN MALINAU (Studi Kasus Desa Wisata Setulang) (Saridalia Ratvany)

September 5, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 5, 2016 @ 2:46 PM
IP: 61.5.106.228

  • 1. Title [Judul]: PERAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN KAWASAN WISATA DI KABUPATEN MALINAU (Studi Kasus Desa Wisata Setulang)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Saridalia Ratvany
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: peran, kawasan wisata, Desa Wisata Setulang
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malinau dan Desa Wisata Setulang. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber tidak hanya Kepala Dinas dan perangkatnya serta Kepala Desa Wisata Setulang, tapi juga penduduk (4 responden). Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, data kondensasi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini antara lain bahwa Peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Mengembangkan Kawasan Wisata di Desa Wisata Setulang telah dilaksanakan dengan berbagai usaha dan kerjasama. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berperan untuk meningkatkan kesempatan kerja dan tingkat kemakmuran masyarakat, melakukan perencanaan dan pelatihan kerja di Desa Wisata Setulang agar Desa Wisata Setulang menjadi Desa Wisata yang siap mengelola potensi yang ada untuk kesejahteraan masyarakat Desa Wisata Setulang, mempromosikan Desa Wisata Setulang agar kawasan wisata tersebut dikenal oleh wisatawan, sehingga semakin menguntungkan bagi Kabupaten Malinau karena meningkatnya PAD Kabupaten Malinau, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga meningkatkan pembangunan dan mengembangkan obyek wisata yang ada, meningkatkan kualitas obyek wisata. Hal tersebut didukung dengan pengembangan akomodasi dan insfrastruktur di Desa Wisata Setulang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 05 September 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email