KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PENGENALAN KETRAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI (Studi Pada Guru TK Ibnu Sina I Samarinda) (Pamela Roossilawaty)

September 1, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Roossilawaty, Pamela
On: Sep 1, 2016 @ 4:37 PM
IP: 114.125.176.52

  • 1. Title [Judul]: KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PENGENALAN KETRAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI (Studi Pada Guru TK Ibnu Sina I Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Pamela Roossilawaty
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi interpersonal, ketrampilan sosial, anak usia dini
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana proses komunikasi yang digunakan guru dalam proses pengenalan ketrampilan social, bentuk-bentuk komunikasi serta pendekatan-pendekatan komunikasi yang dilakukan guru terhadap anak didik. Dengan melibatkan informan yaitu para guru kelas dan guru pendamping. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen serta teknik analisis data deskriptif. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Komunikasi Interpersonal yang dilakukan oleh guru Taman Kanak-Kanak Ibnu Sina I Samarinda dalam Mengenalkan Ketrampilan Sosial pada Anak Usia Dini
    Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang ada, maka yang dapat disimpulkan dalam penelitian ini sehubungan dengan komunikasi interpersonal guru dalam mengenalkan ketrampilan sosial pada anak usia dini adalah sebagai berikut : (1). Secara keseluruhan komuikasi interpersonal guru dalam mengenalkan dan mengajarkan ketrampilan sosial pada anak cukup baik, walaupun masih ada guru yang masih belum mampu mengenalkan ketrampilan sosial pada anak dengan komunikasi interpersonal yang sesuai.(2). Guru menggunakan pendekatan dialogis, informaif, persuasif dan instruktif dalam proses komuniksi interpersonal .(3). Guru juga menggunakan komunikasi nonverbal didalam berinteraksi dengan anak didik, dengan menggunakan gerakan, objek tambahan, isyarat, raut dan ekspresi wajah, simbol serta intonasi suara yang sesuai.(4). Pesan yang disampaikan melalui Komunikasi interpersonal antara guru dengan murid dalam mengenalkan dan mengajarkan ketrampilan sosial, pada anak usia dini bermaksud agar anak murid lebih mudah memahami dan menerapkan apa yang telah diajarkan dan dikenalkan oleh guru, sehingga hal-hal positif yang diajarkan dapat menjadi kebiasaan bagi anak kedepannya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Inda Fitryarini, S.Sos, M.Si & Hj. Hairunnisa,S.Sos, M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading