ANALISIS FRAMING BERITA BANJIR OLEH HUMAS DI WEBSITE PEMERINTAH KOTA SAMARINDA (Khoirul Ibad)

August 29, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 29, 2016 @ 12:11 PM
IP: 180.248.83.204

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS FRAMING BERITA BANJIR OLEH HUMAS DI WEBSITE PEMERINTAH KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Khoirul Ibad
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Analisis Framing, Strategi Komunikasi Humas, Berita Humas, Humas Pemerintah
  • 4. Description [Abstrak] : Khoirul Ibad, Analisis Framing Berita Banjir oleh Humas di Website Pemerintah Kota Samarinda. Di bawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M. Sidan Bapak Drs. Ghufron, M. Si.
    Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana pembingkaian berita banjir oleh Humas di website Pemerintah Kota Samarinda? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitiaan yaitu untuk mengetahui pembingkaian berita banjir oleh humas di website Pemerintah Kota Samarinda. Penelitian ini mempunyai manfaat secara teoritis semoga dapat menjadi wacana keilmuan pada disiplin ilmu komunkasi khususnya dalam bidang analisis framing berita humas dan dapat bermanfaat positif bagi penelitian selanjutnya. Kemudian secara praktis diharapkan dapat bermanfaat untuk mengetahui aktifitas pemerintah dan pembingkaian berita oleh Humas di website resmi pemerintah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Karena peneliti bermaksud untuk menentukan, memahami, menjelaskan dan memperoleh gambaran tentang aspek tertentu dari sebuah realitas yang dibingkai oleh Humas di website Pemerintah Kota Samarinda menjadi sebuah berita. Dalam hal ini mengenai pemberitaan banjir di Samarinda. Fokus dalam penelitian ini yaitu mengacu pada konsep analisis framing model Zhongdan Pan dan Gerald M yang mengoprasionalisasikan empat dimensi struktural teks berita sebagai perangkat framing: sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. yang dijelaskan oleh (Eriyanto, 2012) bahwa, keempat struktur tersebut merupakan suatu rangkaian yang dapat menunjukan framing dari suatu media.
    Dapat disimpulkan bahwa humas Pemerintah Kota Samarinda telah melakukan pembingkaian pesan pada berita banjir di website Pemerintah Kota Samarinda. Kegiatan pembingkaian berita banjir oleh humas pada website Pemerintah Kota Samarinda tersebut merupakan kegiatan yang termasuk dalam strategi komunikasi humas dan sesuai dengan tugas dan peran jangka pendek dan peran jangka panjang humas. Kemudian dari analisis framing yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembingkaian pesan pada berita humas yang disiarkan melalui website Pemerintah Kota Samarinda mempunyai kesesuaian dengan teori informasi publik dan dari berita yang dianalisis juga diketahui bahwa humas Pemerintah Kota Samarinda melakukan kegiatan yang sesuai dengan teori Teori asimetris dua arah. Kedua teori tersebut merupakan teori komunikasi PR atau humas.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si. Drs. Ghufron, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournalIK

Loading

Print Friendly, PDF & Email