Pelayanan Ibadah Haji di Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 14 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji (Noer Indah Purbasa )

August 25, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 25, 2016 @ 4:07 PM
IP: 125.160.66.229

  • 1. Title [Judul]: Pelayanan Ibadah Haji di Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 14 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Noer Indah Purbasa
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Ibadah Haji
  • 4. Description [Abstrak] :
    Noer Indah Purbasa, 2016, Pelayanan Ibadah Haji di Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 14 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Drs. H. Hamdan, M.Si

    Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan Ibadah Haji pada kantor Kementerian Agama Kota Samarinda dalam pelayanan haji sudah maksimal atau belum maksimal dan mengetahui faktor penghambat dalam pelayanan ibadah haji pada kantor Kementerian Agama Kota Samarinda.
    Analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu deskriptif yang diawali dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian kepustakaan, penelitian kelapangan yaitu dengan pengumpulan data melalui kegiatan observasi, penelitian, wawancara, dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa Kantor Kementerian Agama Kota memiliki peranan penting dalam memberi pelayanan ibadah haji dan umroh terhadap seluruh masyarakat Kota Samarinda, meskipun pelayanannya belum mencapai 100% karena belum memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun proses pelayanannya sudah cukup baik dan sesuai dengan peraturan Menteri Agama Nomor 14 Tahun 2012 Tentang penyelenggaraan ibadah haji yang ada. Untuk faktor penghambatnya Minimnya pengetahuan para jamaah haji dalam pendaftaran mulai dari alur pendaftaran mulai dari alur pendaftaran, kelengkapan administrasi, dan biaya dalam pendaftaran haji dan masih ada beberapa fasilitas di kantor Kementrian Agama Kota Samarinda yang belum memadai dan tidak ada pembaharuan dalam fasilitasnya.
    Dalam proses pelayanan pendaftaran haji pihak kantor khususnya di bidang administrasi supaya benar-benar memperhatikan tiap–tiap pelayanan administrasi yang diberikan dan semudah mungkin sesuai prosedur. Selain itu pihak kantor merenovasi fasilitas untuk bimbingan manasik haji dan memerhatikan penyediaan transportasi untuk kepergian dan kepulangan jamaah haji.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si Drs. H. Hamdan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJurnal AN

Loading