EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PASCA PEMEKARAN DI DESA SUMBER SARI KECAMATAN SEBULU KABUPATEN KUKAR KARTANEGARA (Aris Adi Candra)
August 22, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Aug 22, 2016 @ 10:35 AM
IP: 125.160.65.130
- 1. Title [Judul]: EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PASCA PEMEKARAN DI DESA SUMBER SARI KECAMATAN SEBULU KABUPATEN KUKAR KARTANEGARA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Aris Adi Candra
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas, Pelayanan Publik, Pemekaran, Desa. Pendahuluan
- 4. Description [Abstrak] : Aris Adi Candra, Efektivitas Pelayanan Publik Pasca Pemekaran di Desa Sumber Sari Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara, di bawah bimbingan yang saya hormati Ibu Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Bambang Irawan, S.Sos.,M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Efektivitas Pelayanan Publik yang diberikan oleh Aparatur di Kantor Desa Sumber Sari Kecamatan Sebulu Kabupaten Kukar Pasca adanya Pemekaran dan untuk mengetahui kendala – kendala yang dihadapi dalam rangka meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik di desa Sumber Sari.
Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik Pasca Pemekaran di Desa Sumber Sari Kecamatan Sebulu Kabupaten Kukar mengacu pada Standar Pelayanan Publik, yang meliputi: a. Prosedur pelayanan, b. Waktu penyelesaian, c. Produk pelayanan, d. Sarana dan prasarana, e. Kompetensi petugas penberi pelayanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Work Research) dengan teknik: observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu alat analisis data model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pelayanan Publik yang ada di Kantor Desa Sumber Sari Kecamatan Sebulu Kabupaten Kukar secara Prosedur Pelayanan sudah sederhana, mudah dipahami dan tidak berbelit-belit karena sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Kecepatan waktu penyelesaian masih belum berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Produk pelayanan yang dihasilkan seperti jenis surat-menyurat sudah baik karena adanya penerapan program yang membuat hasil dari produk pelayanan lebih akurat. Sarana dan prasarana sudah lebih baik dari keadaan sebelum adanya pemekaran, tetapi belum sepenuhnya menunjang proses pelayanan kepada masyarakat.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si Dr. Bambang Irawan, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2060
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJurnal