PERAN KOMUNIKASI INTERPESONAL GURU DENGAN SISWA TUNARUNGU DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKSUAL DI SLB UNTUNG TUAH KOTA SAMARINDA (Winda Puspitasari)
June 28, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Jun 28, 2016 @ 11:49 AM
IP: 36.82.229.195
- 1. Title [Judul]: PERAN KOMUNIKASI INTERPESONAL GURU DENGAN SISWA TUNARUNGU DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKSUAL DI SLB UNTUNG TUAH KOTA SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Winda Puspitasari
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Komunikasi Interpersonal, Tunarungu, Pendidikan Seksual
- 4. Description [Abstrak] : Winda Puspitasari, 2009, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda. Peran Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Siswa Tunarungu Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Di SLB Untung Tuah Kota Samarinda, dibawah bimbingan Hj. Hairunnisa, S.Sos, MM selaku dosen pembimbing I dan Nurliah, S.Sos., M.I.Kom selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa Tunarungu Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Di SLB Untung Tuah Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan tekhnik penelitian Purposive Sampling yaitu bertanya kepada informan terdiri dari Guru pengajar dan Siswa Tunarungu yang dianggap paling tahu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Library Research yaitu data yang dikumpulkan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan (Field Work Research) melalui wawancara dengan 10 informan, observasi langsung dilapangan serta dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa Peran Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Siswa Tunarungu di SLB Untung Tuah Kota samarinda berlangsung dengan cukup baik. Bahasa isyarat yang digunakan oleh guru sebagai alat komunikasi dengan siswa tunarungu berhasil di formulasi dengan baik oleh guru dalam rangka penyampaian pendidikan seksual terhadap siswa tunarungu. Sehingga siswa tunarungu memahami mengenai pendidikan seksual yang diberika oleh guru seperti bagian tubuh mana saja yang sifatnya sensitif yang tidak boleh disentuh oleh sembarang orang, bagaimana cara mereka bergaul dan berteman secara baik agar tidak menjadi sasaran tindak kejahatan seksual dan juga siswa tunarungu paham untuk cerdas dalam menggunakan HP untuk mengakses internet agar siswa tunarungu tidak terpengaruh oleh hal- hal yang bersifat pornografi.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM & Nurliah, S.Sos., M.I.Kom
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 Juni 2016
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2501
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel