PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DI KANTOR CAMAT SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA (Nor Khalifah)
June 21, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Khalifah, Nor
On: Jun 21, 2016 @ 11:46 AM
IP: 180.248.71.213
- 1. Title [Judul]: PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DI KANTOR CAMAT SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nor Khalifah
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Good Governance, Kecamatan.
- 4. Description [Abstrak] : Nor Khalifah, NIM 1102015073, Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance di Kantor Camat Sungai Pinang Kota Samarinda, di bawah bimbingan Dr. Enos Paselle, M.AP selaku Pembimbing Pertama dan Dr. Bambang Irawan, M. Si selaku Pembimbing Kedua.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sejauh mana penerapan prinsip good governance di Kantor Camat Sungai Pinang Kota Samarinda dan untuk menganalisis faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan prinsip good governance di Kantor Camat Sungai Pinang Kota Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus peneltian skripsi ini meliputi prinsip-prinsip good governance, yakni: Partisipasi, Kepastian Hukum, Transparansi, Responsif, Berorientasi pada Konsensus, Keadilan, Efektivitas dan Efisiensi, Akuntabilitas, dan Visi Strategis. Serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan prinsip-prinsip good governance di Kantor Camat Sungai Pinang Kota Samarinda. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer melalui teknik Purposive Sampling dan Accidental Sampling serta data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kantor Camat Sungai Pinang Kota Samarinda sebagian besar telah melaksanakan prinsip-prinsip good governance dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Namun masih terdapat kendala dalam hal penerapan prinsip-prinsip good governance pada penyelenggaraan pelayanan publik, yaitu sarana dan prasarana yang sudah memadai dalam mendukung kelancaran tugas pegawai dalam melaksanakan tugas yang diembankan kepadanya, namun kurang optimal, serta ketidakdisiplinan sumber daya manusia menjadi faktor penghambat dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Kantor Camat Sungai Pinang Kota Samarinda - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP & Dr. Bambang Irawan, M. Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 21 Juni 2016
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2023
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel