STRATEGI PENYUSUNAN PESAN UNDAS.CO DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN REMAJA PADA INDUSTRI KREATIF LOKAL KOTA SAMARINDA (Ratna Dewi Luwita)

June 16, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 16, 2016 @ 12:54 PM
IP: 180.248.65.99

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI PENYUSUNAN PESAN UNDAS.CO DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN REMAJA PADA INDUSTRI KREATIF LOKAL KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ratna Dewi Luwita
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Penyusunan Pesan, Undas.co, Industri Kreatif
  • 4. Description [Abstrak] : Artikel ini membahas bagaimana strategi penyusunan pesan Undas.co dalam meningkatkan kepedulian remaja pada industri kreatif lokal Kota Samarinda untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi Undas.co dalam meningkatkan kepedulian remaja pada industri kreatif lokal Kota Samarinda. Fokus pada penelitian ini adalah pada penyusunan pesan oleh penulis Undas.co dengan melihat lima indikator sistem penyusunan pesan oleh Alan H. Monroe, yaitu Attention (Perhatian), Need (Kebutuhan), Satisfaction (Pemuasaan), Visualization (Penggambaran), dan Action (Tindakan).
    Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data adalah dengan penelitian lapangan (field work research) dengan mengobservasi, mewawancara, dan mendokumentasi. Wawancara dilakukan kepada empat penulis Undas.co.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penyusunan pesan Undas.co dalam meningkatkan kepedulian remaja pada industri kreatif lokal kota Samarinda telah dapat menarik perhatian pembaca, membangkitkan kebutuhan, serta mendorong tindakan. Namun, dalam penyusunan pesan berkaitan dengan memuaskan kebutuhan, penulis Undas.co hendaknya melihat faktor-faktor penentu kepuasan serta dalam hal berkaitan dengan penggambaran kekurangan dan kelebihan, penulis Undas.co hendaknya dapat menggunakan berbagai bentuk pesan untuk mendapatkan kepatuhan pembaca
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa, S.Sos, MM dan Hikmah, S.Sos., M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16 Juni 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading