Penerapan Kode Etik Jurnalistik pada Berita Kriminal Oleh Surat Kabar Samarinda Pos Periode November 2014 sampai Februari 2015 (Otto Kelianus Nangkih)

March 21, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 21, 2016 @ 8:13 PM
IP: 36.83.33.236

  • 1. Title [Judul]: Penerapan Kode Etik Jurnalistik pada Berita Kriminal Oleh Surat Kabar Samarinda Pos Periode November 2014 sampai Februari 2015
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Otto Kelianus Nangkih
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kode etik jurnalistik, Kriminal, Samarinda pos.
  • 4. Description [Abstrak] : Otto Kelianus Nangkih, 2015. Media massa adalah suatu istilah yang mulai digunakan pada tahun 1920an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Media cetak merupakan salah satu bagian dari media massa. Media cetak adalah media yang bersifat statis dan mengutamakan pesan-pesan visual atas segala dikatakan orang lain dan rekaman peristiwa yang ditangkap oleh jurnalis dan diubah dalam bentuk kata-kata, gambar, foto, dan lain sebagainya.
    Penelitian ini dilatarbelakangi dari artikel sebuah blog yang menyatakan bahwa wartawan samarinda pos melakukan pelanggaran kode etik jurnalistik membuat berita kasus krimal yang bersifat sepihak dan merugikan serta mencemarkan nama baik seseorang. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui bagaimana penerapan kode etik jurnalistik pada berita kriminal oleh surat kabar samarinda pos periode November 2014 sampai Januari 2015.
    Berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan metode analisis isi kuantitatif, dan kajian pustaka maka dapat diketahui periode bulan November 2014 sampai bulan Februari 2015 terdapat 569 pemberitaan yang berisi berita kriminal. Bulan Februari 2015 harian Samarinda Post paling banyak memuat berita kriminal yaitu sebanyak 165 pemberitaan kriminal (29%). Jumlah pemberitaan yang melanggar kode etik ada 29 berita, pelanggaran yang terbanyak terjadi pada bulan Januari 2015 yaitu sebanyak 11 (38%).
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Inda Fitryarini, S.Sos.,M.Si, Sabiruddin, S.Sos.I.,M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email