IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH TAHUN AJARAN 2013-2014 PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 002 DI KECAMATAN BONTANG SELATAN KOTA BONTANG (Yuyun Sefri Setyaningrum )

February 29, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 29, 2016 @ 9:13 PM
IP: 180.246.139.92

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH TAHUN AJARAN 2013-2014 PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 002 DI KECAMATAN BONTANG SELATAN KOTA BONTANG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yuyun Sefri Setyaningrum
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi Kebijakan, Program BOS, Bontang Selatan
  • 4. Description [Abstrak] : Yuyun Sefri Setyaningrum, 2016, Implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah Tahun Ajaran 2013-2014 Pada Sekolah Dasar Negeri 002 Di Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang. Bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Daryono, S.Sos., M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan untuk mengatahui Faktor penghambat implementasi program bantuan operasional sekolah tahun ajaran 2013-2014 pada sekolah dasar negeri 002 di kecamatan bontang selatan kota bontang.
    Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Implementasi Program BOS: yang meliputi Faktor Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, Struktur Birokrasi dan faktor penghambat program BOS. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas Key Informan yaitu Kepala Sekolah SDN 002 di Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang dan informan penelitian yakni bendahara BOS SDN 002 Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang dan orang tua murid atau masyarakat yang diperoleh melalui metode Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui, kepustakaan, observasi, wawancara dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
    Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa program BOS di SDN 002 Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang memiliki peranan penting dalam penyelenggaran bantuan dana BOS guna untuk membantu bagi murid-murid yang kurang mampu dan untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana di SDN 002 Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang, meskipun pelaksanaannya belum mencapai 100% karena belum memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk faktor penghambatnya yakni, masih kurangnya sarana dan prasarana di SDN 002 Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang dimana salah satu alokasi dana dari program BOS adalah untuk membangun fasilitas berupa sarana dan prasarana di SDN 002 Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang tersebut.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si & Daryono, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 Februari 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email