Kontribusi Dana Bagi Hasil Tahun 2014 Sebagai Sumber Pemasukan Bagi Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Ekat Mafriyanto)

February 29, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 29, 2016 @ 11:27 AM
IP: 125.160.64.214

  • 1. Title [Judul]: Kontribusi Dana Bagi Hasil Tahun 2014 Sebagai Sumber Pemasukan Bagi Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ekat Mafriyanto
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Keuangan Daerah, Dana Bagi Hasil, dan Pendapatan Asli Daerah
  • 4. Description [Abstrak] : Ekat Mafriyanto, Kontribusi Dana Bagi Hasil Tahun 2014 sebagai Sumber Pemasukan bagi Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur, di bawah bimbingan Ibu Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Hj. Hariati, S.Sos, M.Si selaku pembimbing II.
    Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan kontribusi Dana Bagi Hasil Tahun 2014 sebagai sumber pemasukan bagi Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya.
    Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan ada dua jenis yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Aktivitas dalam analisis data yaitu: Data Condensation, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verifications.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi Dana Bagi Hasil Tahun 2014 sebagai sumber pemasukan bagi Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur belum sepenuhnya optimal karena pada tahun 2014 Dana Bagi Hasil khususnya sumberdaya alam mengalami penurunan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya. Faktor penghambat dalam penyaluran dan pengalokasian Dana Bagi Hasil Tahun 2014 sebagai sumber pemasukan bagi Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur antara lain keterlambatan dalam persiapan peraturan dan mekanisme penyaluran dana oleh instansi pusat, adanya kurang salur/lebih salur dalam Dana Bagi Hasil sumberdaya alam sehingga jadi kendala dalam memprediksi atau menetapkan target pada tahun berikutnya, serta sulitnya melakukan prediksi pembagian Dana Bagi Hasil sumberdaya alam (Migas dan Pertambangan Umum) karena harus disesuaikan dengan harga pasar minyak dunia.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si & Hj. Hariati, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]:

Loading

Print Friendly, PDF & Email