UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI KOTA SAMARINDA (Andi Taruk Allo)

February 26, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 26, 2016 @ 11:41 AM
IP: 180.248.255.203

  • 1. Title [Judul]: UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Andi Taruk Allo
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengembangan, sumber daya manusia
  • 4. Description [Abstrak] : Andi Taruk Allo (2015), Upaya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Dinas Pertambangan dan Energi Kota Samarinda dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si dan Dr. Rita Kalalinggi, M.Si
    Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini Bagaimana upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Dinas Pertambangan Dan Energi Kota Samarinda dan Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Dinas Pertambangan dan Energi Kota Samarinda.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya kualitas Sumber Daya Manusia di Dinas Pertambangan dan Energi Kota Samarinda dilakukan melalui beberapa hal, yaitu : Pendidikan Formal yang diikuti oleh pegawai bertujuan menambah pengetahuan, meningkatkan kemampuan, meningkatkan keahlian dan keterampilan serta membina kepribadian pegawai kearah yang lebih baik agar terwujudnya tujuan organisasi. Sedangkan Pendidikan dan pelatihan sebagai upaya pengembangan pegawai secara implementatif belum menunjukkan hasil yang optimal, namun secara aplikatif pendidikan dan pelatihan dalam pengembangan pegawai yang dilakukan oleh lembaga tersebut dapat memperbaiki dan meningkatkan pencapaian hasil kerja organisasi. Selanjutnya pendidikan penjenjangan dapat memberikan motivasi bagi pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya sehingga dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuannya yang selanjutnya merningkatkan karir pegawai yang bersangkutan. Adapun seminar merupakan salah satu cara yang dilakukan dalam suatu organisasi untuk pengembangan pegawai, karena dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman pegawai akan bidang tugasnya.
    Adapun Faktor yang mendukung yaitu adanya komitmen yang kuat pimpinan beserta jajarannya untuk melakukan pengembangan pegawai agar lebih bersikap profesional, terampil, disiplin dalam menjalankan tugasnya serta visi dan misi organisasi sehingga memungkinkan proses pengembangan sumber daya pegawai dapat berhasil dengan baik. Adapun faktor yang menghambat upaya peningkatan sumber daya manusia, meliputi: terbatasnya alokasi dana untuk pemberdayaan, masih beragamnya komitmen pegawai dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi pegawai.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si ; Dr. Rita Kala Linggi, M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: SKRIPSI

Loading

Print Friendly, PDF & Email