PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BATUAH KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Suardi)
February 22, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Feb 22, 2016 @ 2:09 PM
IP: 180.248.82.25
- 1. Title [Judul]: PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BATUAH KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Suardi
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan, Puskesmas.
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara dan mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara.
Metode penelitian ini yaitu pada jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yaitu pelaksanaan pelayanan kesehatan dengan indikator berwujud, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati serta faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif model interaktif menurut Matthew B Miles, A. Michael Huberman dan Johnny Saldana.
Kesimpulan penelitian ini, bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Batuah, dilihat dari berwujud sudah siap menunjang pemberian pelayanan kesehatan secara baik. Dari aspek kehandalan yaitu pemberian pengobatan sudah tepat dan benar, aspek daya tanggap yaitu pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan SOP yaitu waktu pendaftaran, pemeriksaan dan penyerahan obat sesuai dengan standar waktu pelayanan yang ditetapkan. Aspek jaminan yaitu pengetahuan petugas dalam pengobatan sudah baik, serta aspek empati yaitu tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan masih memiliki empati yang kurang baik yaitu kurang memberikan perhatian dengan pasien. Faktor penghambat pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Batuah meliputi pendidikan sebagian besar lulusan D3 dan terdapat lulusan SPK yang kurang mendapatkan pelatihan. Sedangkan faktor pendukung yaitu pengalaman dan gaji atau insentif yang diterima setiap bulannya. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muhammad Noor, M. Si & Hj. Hariati, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22 Februari 2016
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1877
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel