STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS REMAJA DI KECAMATAN SAMARINDA UTARA (Anggia Rusmaeita Sari)
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Jan 22, 2016 @ 11:58 AM
IP: 36.84.3.226
- 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS REMAJA DI KECAMATAN SAMARINDA UTARA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Anggia Rusmaeita Sari
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas, Pelayanan, Kesehatan, Puskesmas Remaja
- 4. Description [Abstrak] : Anggia Rusmaeita Sari, Studi Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Remaja di Kecamatan Samarinda Utara dibawah bimbingan Ibu Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si dan Ibu Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Remaja di Kecamatan Samarinda Utara. Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Remaja di Kecamatan Samarinda Utara. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Key informannya yaitu Kepala Puskesmas Remaja, informannya Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan informan lainnya masyarakat yang tugasnya berhubungan dengan masalah yang di teliti. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Remaja di Kecamatan Samarinda Utara yang di lihat dari kemampuan seluruh pegawai, memiliki keterampilan yang sesuai dengan bidangnya, sikap dan integritas petugas di Puskesmas sudah cukup baik. Karena hal ini selalu di pantau oleh kepala Puskesmas Remaja dan petugas Dinas Kesehatan yang datang ke Puskesmas. Perhatian pegawai sebagai pelayan publik servis sudah cukup baik dalam pelayanan kepada pasien, tetapi ada beberapa pegawai yang belum paham mengenai pelayanan yang diinginkan pasien. Tindakan yang dilaksanakan masih ada beberapa yang belum sesuai dengan prosedur pelayanan yang ada, sehingga tenaga kesehatan bekerja belum optimal, masih ada kekurangan dalam mendiagnosa penyakit serta menyampaikannya belum cukup jelas dan susah untuk dipahami oleh masyarakat/pasien. Faktor pendukung adanya program kesehatan gratis serta adanya gedung puskesmas sebagai objek tempat pelayanan kesehatan, adanya gedung sebagai objek pelaksanaan pelayanan, adanya program pengobatan gratis dan kemauan para tenaga kesehatan untuk melayani masyarakat dengan baik. Faktor penghambat yakni kurangnya pegawai, fasilitas kesehatan dan obat-obatan serta sarana transportasi mobil ambulance belum ada serta sarana yang masih kurang, gedung Puskesmas yang belum memadai dikarenakan belum adanya renovasi bangunan.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si dan Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1845
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJurnal