ANALISIS MAKNA PESAN NON VERBAL DALAM IKLAN AIR MINUM AQUA VERSI “40 TAHUN AQUA BERSAMA INDONESIA” DI MEDIA TELEVISI (Irmalia Oktavianni. A)
November 25, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Nov 25, 2015 @ 11:40 AM
IP: 180.248.249.144
- 1. Title [Judul]: ANALISIS MAKNA PESAN NON VERBAL DALAM IKLAN AIR MINUM AQUA VERSI “40 TAHUN AQUA BERSAMA INDONESIA” DI MEDIA TELEVISI
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Irmalia Oktavianni. A
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: AQUA “40 tahun bersama Indonesia”, Semiotika, Iklan
- 4. Description [Abstrak] : Iklan adalah bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audiens (pemirsa, pembaca atau pendengar) untuk mengambil beberapa tindakan sehubungan dengan produk, ide atau jasa. Iklan AQUA dari aspek desain visual atau non verbal dengan gambar yang dihasilkan yang melatar belakangi aspek kehidupan sosial dalam masyarakat. Berdasarkan analisis penulis terhadap scene yang diteliti dalam iklan air minum dalam kemasan AQUA versi “40 Tahun bersama Indonesia” di Televisi, dapat ditarik sebuah kesimpulan tentang makna non verbal yang tekandung dalam iklan tersebut. AQUA menyampaikan apresiasi atas dukungan yang telah diberikan oleh masyarakat Indonesia selama 40 tahun kehadiran. Secara keseluruhan penyampai informasi yang sangat terstruktur menggunakan elemen nonverbal gambar menyampaikan bahwa air merupakan salah satu sumber utama dalam kehidupan. Dalam iklan AQUA “40 tahun bersama Indonesia” disimpulkanbahwa iklan merupakan kelanjutan dari keseluruhan program yang dilakukan oleh AQUA. Iklan produk AQUA menggambarkan tentang kehidupan sosial masyarakat yang memiliki berbagai aktifitas yang berbeda-beda dikemas ke dalam sebuah kebersamaan. Kumpulan makna-makna yang terdapat dalam iklan tersebut memberikan arti tujuan dari AQUA bahwa program AQUA “40 tahun bersama Indonesia” yaitu makna kebersamaan dari segala aktivitas kehidupan.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Hamdan, M.Si & Inda Fitriyarini, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 November 2015
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2286
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel