FUNGSI KOMUNIKASI TRADISIONAL UPACARA ADAT BELIAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN HUBUNGAN KEKERABATAN DI DESA LABURAN KABUPATEN PASER (Dessy Sartika)

November 19, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Ramadani, Aminullah
On: Nov 19, 2015 @ 1:01 PM
IP: 61.94.87.165

  • 1. Title [Judul]: FUNGSI KOMUNIKASI TRADISIONAL UPACARA ADAT BELIAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN HUBUNGAN KEKERABATAN DI DESA LABURAN KABUPATEN PASER
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dessy Sartika
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Fungsi Komunikasi Tradisional, Hubungan Kekerabatan
  • 4. Description [Abstrak] : Dessy Sartika, 0802055074, Fungsi Komunikasi Tradisional Upacara Adat Belian Dalam Rangka Meningkatkan Hubungan Kekerabatan Di Desa Laburan Kabupaten Paser, dibawah bimbingan Dr. Anthonius Margono, M.Si selaku pembimbing I, Drs. Sugandi, M.Si selaku pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda.
    Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan fungsi komunikasi tradisional upacara adat belian dalam rangka meningkatkan hubungan kekerabaan di desa Laburan Kabupaten Paser.
    Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan atau menjabarkan obyek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Dengan menggunakan informan sebagai sumber data, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan sekunder melalui wawancara, dokumen-dokumen Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaen Paser, buku-buku dan internet, kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif dari Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Fungsi komunikasi tradisional dalam menciptakan hubungan yang harmonis antar masyarakat di Desa Laburan Kabupaten Paser sudah berjalan dengan baik. Masyarakat saling menghormati dan menghargai setiap pendapat atau gagasan antara satu sama lain, serta tetap menjalin silaturahmi agar dapat menyatukan perbedaan-perbedaan yang ada didalam setiap karakter masyarakat, karena adanya hubungan timbal balik pesan yang disampaikan. Sedangkan nilai budaya yang disampaikan melalui pertunjukan upacara adat belian dapat diterima oleh setiap anggota masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anthonius Margono.,M.Si & Drs. Sugandi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 19 November 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email