PENGARUH TAYANGAN IKLAN EARTH HOUR TENTANG PENGGUNAAN ENERGI DI TELEVISI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA/I SMPN10 SAMARINDA (Hilda U S)
November 5, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Nov 5, 2015 @ 9:09 AM
IP: 36.82.228.52
- 1. Title [Judul]: PENGARUH TAYANGAN IKLAN EARTH HOUR TENTANG PENGGUNAAN ENERGI DI TELEVISI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA/I SMPN10 SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Hilda U S
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengaruh Iklan, Iklan Layanan Masyarakat, Pengetahuan dan Sikap
- 4. Description [Abstrak] : Artikel ini membahas tentang apakah ada pengaruh tayangan iklan earth hour tentang penggunaan energi di televise terhadap pengetahuan dan sikap siswa/I SMP N 10 Samarinda. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2013 di Jalan Untung Suropati Samarinda dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 74 orang dengan total populasi siswa/i kelas XIII A-I 289 dengan jumlah laki laki 22 dan perempuan 52. Penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier berganda dengan Program SPSS Versi 18.
Penggunaan energi listrik merupakan unsur penting yang menunjang berbagai kegiatan dalam kehidupan masyarakat, baik itu untuk industri, rumah tangga, pendidikan, transportasi, penerangan, dan komunikasi. Hampir setiap aktivitas yang dilakukan setiap hari membutuhkan energi listrik. Pertumbuhan penduduk dan aktivitas ekonomi di Kalimantan Timur khususnya di Samarinda dan ini mendorong peningkatan konsumsi listrik dari waktu ke waktu yang dapat berpengaruh pada biaya produksi listrik sehingga sulit sekali diimbangi oleh peningkatan kapasitas produksi listrik.
Hasil Analisis Sidik Ragam (ANOVA) menunjukan adanya pengaruh iklan earth hour tentang penggunaan energy terhadap variabel pengetahuan dengan nilai F hitung sebesar 11.623 dengan taraf sig. sebesar 0.001 dan variabel perilaku nilai F hitung sebesar 17.825 dengan taraf sig. sebesar 0.000 dimana angka ini lebih kecil dari taraf sig. 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa iklan layanan masyarakat earth hour mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan dan perilaku siswa SMP N 10 Samarinda - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. DR. Hj. NurFitriyah M.S & Rina Juwita S.ip M.HRIR
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2203
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: document
![]()

