UPAYA CAMAT DALAM MENANGANI KONFLIK PERTANAHAN (STUDI KASUS MASYARAKAT DENGAN PT. BORNEO BAKTI SEJAHTERA DI KAMPUNG RUKUN DAMAI KECAMATAN LONG BAGUN KABUPATEN MAHAKAM ULU) (Mimiknawati)

October 26, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 26, 2015 @ 9:35 AM
IP: 61.94.84.187

  • 1. Title [Judul]: UPAYA CAMAT DALAM MENANGANI KONFLIK PERTANAHAN (STUDI KASUS MASYARAKAT DENGAN PT. BORNEO BAKTI SEJAHTERA DI KAMPUNG RUKUN DAMAI KECAMATAN LONG BAGUN KABUPATEN MAHAKAM ULU)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Mimiknawati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Upaya Camat dalam Menangani Konflik Pertanahan
  • 4. Description [Abstrak] : Mimiknawati, Upaya Camat dalam Menangani Konflik Pertanahan (Studi Kasus Masyarakat dengan PT. Borneo Bakti Sejahtera di Kampung Rukun Damai Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu), oleh pembimbing Bapak Drs.H.Muhammad Noor, M.si dan Bapak Drs. Sughandi. M.Si.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Upaya Camat dalam Menangani Konflik Pertanahan yang terjadi di Kampung Rukun Damai dan bagaimana tugas pokok dan fungsi Camat dalam penyelegaraan pemerintah tertuang dalam Undang-undang 32 tahun 2004 pasal 126. Mengkoordinasi upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertibanumum. Untuk mengetahuinya penulis melakukan observasi,wawancara serta pengumpulan data yang berkaitan dengan konflik pertanahan yang terjadi.
    Penelitian ini di laksanakan di Kampung Rukun Damai dan Kantor Kecamatan Long Bagun.Teknik pengumpulan data mengunakan model interaktif dan pengumpulan data tersebut dilakukan dengan mengunakan penelitian kepustakaan, servasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Dengan mengunakan metode deskriptif kualitatif, narasumber pada penelitian ini adalah 1 orang dari kecamatan dan 3 orang dari pemerintahan Kampung, 1 orang dari PT. Borneo Bakti Sejahtera dan 1 beberapa dari Masyarakat.
    Hasil penelitian ini menunjukan upaya Camat dalam menyelesaikan konflik dengan melakukan konsultasi, arbitrase dan mediasi terhadap pihak yang berkonflik. Konflik tersebut disebabkan tuntutan dari pihak Masyarakat kepada pihak perusahaan atas ganti rugi terhadap lahan / tanah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Muhammad Noor, M.si & Drs. Sugandhi, M.si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26 Oktober 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email