IMPLEMENTASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI PERDESAAN DI KELURAHAN JAWA KECAMATAN SANGSANGSA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Junaidi Nur Hidayat )

October 22, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 22, 2015 @ 11:06 AM
IP: 36.82.226.48

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI PERDESAAN DI KELURAHAN JAWA KECAMATAN SANGSANGSA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Junaidi Nur Hidayat
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri perdesaan dan untuk mengidentifikasikan faktor penghambat dan faktor pendukung yang mempengaruhi dalam implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan telah dilaksanakan, yaitu berdasarkan pembahasan yang dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa Implementasi Program Nasional Pemberdayan Masyarakat Mandiri Perdesaan di Kelurahan Jawa tidak dapat berjalan sesuai dengan tujuannya,. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan kegiatan khususnya di bidang infrastruktur tidak dapat melibatkan peran aktif masyarakat secara langsung. Selain itu pada pelaksanaan Simpan Pinjam Perempuan mengalami masalah yaitu dalam pengembalian pinjaman, karena sebagian besar masyarakat menganggap kegiatan Simpan Pinjam Perempuan merupakan bantuan lepas, sehingga masyarakat yang pinjam tidak mau membayar dan tidak ada sangsi tegas. Kemudian pada pelaksanaan pelatihan budidaya jamur juga mengalami masalah yaitu kurangnya minat masyarakat untuk ikut serta dalam pelaksanaan program ini.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si & Dr. Bambang Irawan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22 Oktober 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email